logo


Insiden Minyak Tumpah di Balikpapan: LSM, Akademisi, Pertamina, dan KLHK Sepakat Fokus pada Solusi

Hingga saat ini Pertamina telah menerjukan tim yang secara khusus melakukan verifikasi terkait pembersihan wilayah terdampak maupun penghitungan dampak sosial ekonomi bagi masyarakat

26 April 2018 12:00 WIB

Armada kapal Pertamina untuk mempercepat proses pembersihan Teluk Balikpapan.
Armada kapal Pertamina untuk mempercepat proses pembersihan Teluk Balikpapan. Ist

Melalui forum yang juga dihadiri oleh mahasiswa dari jurusan perikanan, kelautan maupun kehutanan ini diharapkan dapat ditemukan bahasan yang padat akan solusi, apalagi mahasiswa di bidang-bidang tersebut memang memiliki kompetensi akademis yang berdasarkan keilmuan.

Tanggapan serupa juga disampaikan oleh Darul Asmawan, yang mewakili Forum Peduli Teluk Balikpapan. Menurutnya, sekarang sudah bukan momennya lagi untuk adu emosi dan mencari siapa yang salah.

"Biarkanlah hal tersebut ditangani oleh pihak berwenang. Fokus utama sekarang adalah mencari solusi yang dapat membantu pihak terkait seperti KLHK dan Pertamina untuk mempermudah proses pemulihan," tutur Darul.


Tim Verifikasi Dampak Lingkungan: 11 Kelurahan 100% Bersih dari Tumpahan Minyak

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa tumpahan minyak di Balikpapan ini merupakan kejadian langka atau hampir belum pernah terjadi. Menurutnya, berbagai pihak yang terkait, tidak hanya korporasi tetapi juga elemen pemerintahan, memang awalnya nampak canggung dalam penanganan.

Namun demikian, upaya yang telah dilakukan saat ini sudah cukup baik dalam menjawab kekhawatiran masyarakat khususnya dalam penanggulangan pencemaran melalui upaya pembersihan dan penyelesaian permasalahan sosial ekonomi termasuk di dalamnya kompensasi kepada warga terdampak.

“Penyelesaian dampak sosial ekonomi sudah mulai dilaksanakan. Sekarang kami berharap KLHK dapat mempercepat arahan untuk pelaksanaan tahap pemulihan,” ungkap Darul.

Tumpahan Minyak di Balikpapan, Jonan: Kami Tunggu Hasil Investigasi Final

Halaman: 
Penulis : Riana