logo


Kritisi Perpres TKA, Ketua DPR: Harusnya Pemerintah Utamakan Tenaga Kerja Dalam Negeri

Menurut Bamsoet, pemerintah seharusnya lebih mengutamakan tenaga kerja dalam negeri terhadap seluruh proyek-proyek yang ada.

10 April 2018 21:53 WIB

Bambang Soesatyo.
Bambang Soesatyo. twitter @DPR_RI

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Ketua DPR RI, Bambang Soesatyo (Bamsoet), meminta Tim Pengawas Tenaga Kerja Indonesia (Timwas TKI) DPR bersama Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) dan Imigrasi untuk meningkatkan pengawasan terhadap implementasi Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 20 tahun 2018 tentang Penggunaan Tenaga Kerja Asing (TKA) yang baru ditandatangani oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Menurutnya, pemerintah seharusnya lebih mengutamakan tenaga kerja dalam negeri terhadap seluruh proyek-proyek yang ada.

“Sesuai dengan UUD NRI 1945 Pasal 27 ayat (2) yang menyebutkan bahwa tiap-tiap warga Negara berhak atas pekerjaan dan penghidupan yang layak bagi kemanusiaan,” ujar Bamsoet di Jakarta, Selasa (10/4).


Komisi IX Kritisi Perpres Permudah TKA Masuk Tanah Air

Bamsoet juga meminta kepada Pemerintah untuk memberdayakan Pusat Pelatihan Kerja Daerah (PPKD) agar bekerja sama dengan perusahaan-perusahaan yang ada di seluruh wilayah Indonesia agar para pekerja lokal dapat bersaing dengan TKA.

“Dengan memberikan pendidikan sesuai dengan kemajuan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek) di samping mengembangkan SDM lokal dengan memberikan pelatihan keahlian tertentu, sehingga mampu bersaing dengan TKA,” pungkasnya.

 

Perpres Kemudahan TKA Diteken Jokowi, Gerindra: Itu Logika Sesat!

Halaman: 
Penulis : Khairul Anwar, Riana