logo


PGN Pasok Gas ke Industri di Karawang

Sebelum dua perusahaan ini, PGN telah memasok gas bumi untuk sejumlah industri besar di Karawang

10 April 2018 14:57 WIB

Proyek pipa PGN.
Proyek pipa PGN. Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk (PGN) kembali menambah pelanggan baru. Kali ini. PGN resmi mengalirkan gas ke PT Hiruta Kogyo Indonesia yang merupakan perusahaan di bidang otomotif yang memproduksi spareparts mobil pada awal April 2018.

"Awal April ini pabrikasi metal untuk kebutuhan otomotif ini telah beralih menggunakan gas bumi PGN. Sebelumnya, pabrik ini memproduksi metal menggunakan bahan bakar CNG," kata Rachmat Hutama, Sekretaris Perusahaan PT PGN, di Jakarta, kemarin.

Rachmat mengatakan, untuk mendorong daya saing industri dalam negeri, industri saat ini dituntut untuk efisien dalam penggunaan bahan bakar. Penggunaan gas bumi menjadi salah satu energi yang dapat memberikan efisiensi dan paling bersih dan aman digunakan ketimbang bahan bakar fosil lainnya.


Pelanggan Gas Bumi PGN Bertambah di Sidoarjo dan Medan

"Dengan beralih ke gas bumi PGN, perusahaan metal ini dapat menghemat sekitar 30% dibandingkan penggunaan bahan bakar sebelumnya," tutur Rachmat.

Selain PT Hiruta Kogyo Indonesia, pada awal April ini PGN juga menyalurkan gas bumi perdana ke PT Alexindo di Karawang. Tepatnya pada 2 April lalu, gas bumi PGN telah mengalir untuk memenuhi kebutuhan bahan bakar ke perusahaan yang memproduksi aluminium ini.

Menurut Rachmat, penambahan pelanggan baru di sektor industri ini merupakan salah satu komitmen PGN untuk terus memperluas pemanfaatan energi baik dari gas bumi kepada pelaku usaha.

Sebelum dua perusahaan ini, PGN telah memasok gas bumi untuk sejumlah industri besar di Karawang, di antaranya PT Surya Energi Parahita, PT Trigunapratama Abadi, PT Chunetsu Indonesia, dan PT Gemala Kempa Daya.

"Dalam waktu dekat ini kami akan melakukan gas-in lagi ke enam industri di wilayah Karawang," tuntas Rachmat.

 

DPR: Utang PGN Bakal Ganggu Holding BUMN Migas

Halaman: 
Penulis : Riana