logo


Komisi VI DPR: Langkah Kemenperin Bangun Industri Mobil Listrik, Tepat

Menurut Dito, langkah Kemenperin tersebut dapat menjadi bagian dalam kerangka mewujudkan 'Making Indonesia 4.0'

9 April 2018 18:00 WIB

Wakil Ketua Komisi VI DPR RI, Dito Ganinduto
Wakil Ketua Komisi VI DPR RI, Dito Ganinduto ist

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Wakil Ketua Komisi VI DPR RI, Dito Ganinduto, menilai, Kementerian Perindustrian (Kemenperin) cukup tepat memimpin pembangunan industri mobil bertenaga listrik.

Menurut Dito, langkah Kemenperin tersebut dapat menjadi bagian dalam kerangka mewujudkan 'Making Indonesia 4.0' yang baru-baru ini dicanangkan dan mendapat dukungan penuh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Pembangunan industri mobil bertenaga listrik ini dapat mewujudkan ‘Making Indonesia 4.0’,” ujar Dito di Jakarta, Senin (9/4).


KESDM Gandeng ITS Kembangkan Sektor Energi Hingga Mobil Listrik

Dito menjelaskan bahwa Kemenperin baru saja meluncurkan inisiatif "Making Indonesia 4.0" dan menjadikan otomotif sebagai salah satu dari lima sektor industri yang diunggulkan untuk dikembangkan.

“Kami memandang rencana pemerintah mengembangkan mobil listrik dan inisiatif 'Making Indonesia 4.0' adalah dua hal yang dapat disinergikan untuk memberikan hasil lebih optimal dengan memanfaatkan kumpulan pengetahuan, jaringan, dan pengalaman selama ini dalam membangun industri otomotif Indonesia,” tambahnya.

Politisi Partai Golkar ini mengungkapkan bahwa Peraturan Presiden mengenai mobil listrik juga sudah cukup lama ditunggu-tunggu.

“Semoga Perpres yang segera diterbitkan menampung usulan meyinergikan proyek mobil listrik dengan ‘Making Indonesia 4.0’, termasuk kepemimpinannya,” tuturnya

Dito melanjutkan, pembuatan mobil listrik bukan semata soal menggantikan bahan bakar dari hasil pengolahan minyak bumi menjadi listrik. Namun, lebih dari itu yakni menggantikan sebagian besar material dan proses manufaktur dibandingkan cara memproduksi unit-unit otomotif berbahan bakar minyak sekarang.

“Ini menjadi tantangan bagi industri otomotif Indonesia untuk mampu menjawabnya,” pungkasnya.

 

Saat Jonan Kepincut Mobil Listrik Besutan Ezzy ITS

Halaman: 
Penulis : Khairul Anwar, Riana