logo


Supply Chain Digitizing Platform in Industry 4.0

Melalui event IndoColdChain 2018 ini ARPI akan mendorong sosialisasi sistem block chain untuk logistik nasional, dimana akan memudahkan konektivitas akses, menekan biaya logistik dan meninhkatkan man power skill.

9 April 2018 16:39 WIB

2nd CEMAT SOUTHEAST ASIA, IndoTranslog, IndoColdchain dan IndoTruck 2018 ICE-BSD, 2-6 Mei 2018
2nd CEMAT SOUTHEAST ASIA, IndoTranslog, IndoColdchain dan IndoTruck 2018 ICE-BSD, 2-6 Mei 2018 Dok. Jitunews.com

Ada pula data riset yang mengungkapkan bahwa industri logistik Indonesia diperkirakan akan berkembang 15,4 persen pada tahun 2020 (sumber : Frost & Sullivan). Faktor yang mendorong pertumbuhan tersebut termasuk sektor konekvitas perdagangan maritim yang semakin membaik karena lokasi geografi yang strategis untuk perdagangan dunia dan meningkatnya perdagangan berbasis e-commerce.

Dengan demikian, tantangan jangka pendek berikutnya adalah mempersiapkan rantai pasok, internal dan eksternal Logistik (supply chain and logistics) pendukung era industri 4.0 guna memenuhi kecepatan “kebutuhan” (demand) tersebut atau yang saat ini dikenal sebagai Supply Chain and Logistics 4.0.

Kehadiran era ke-4 tersebut sulit dihindarkan dan Indonesia harus segera beradaptasi dengan teknologi ikutannya. Telah terbukti bahwa supply chain and logistics management 4.0 membuat disrupsi teknologi yang begitu cepat dan memaksa perusahaan-perusahaan yang ada keluar dari zona nyaman.


Orang Muda Ramai-ramai Tinggalkan Facebook dan Beralih ke sini

Tindak lanjutnya adalah kesiapan beradaptasi terhadap teknologi baru, ketika manusia akan lebih mengoptimalkan fungsi intelegensi strategis dan dibantu intelegensi artifisial (artificial intelligent/AI), serba internet (internet of thing/IoT) untuk mencapai skala produksi yang tinggi (scale up) serta memenuhi peningkatan efisiensi yang eksponensial.

Berangkat dari hal di atas, Deutsche Messe dan Debindo bersama mitra strategisnya, Asosiasi Logistik Indonesia (ALI), Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia (ALFI), Asosiasi Rantai Pendingin Indonesia (ARPI), dan Asosiasi Pengusahan Truk Indonesia (APTRINDO) menyelenggarakan CEMAT SOUTHEAST ASIA 2018, IndoTranslog, IndoColdchain dan IndoTruck yaitu gelaran produk-produk pendukung Industry 4.0 serta konferensi tentang Rantai Pasok dan Logistik era 4.0 (Supply Chain and Logistics 4.0), Rantai Pasok Dingin serta Keamanan Pangan & Halal (Cold and Halal Supply Chain) yang akan mengkolaborasikan nara sumber-nara sumber dari Indonesia dan manca negara.

Pada tahun ke 2 di Indonesia, CEMAT SOUTHEAST ASIA, telah menanbah fokus industrinya yaitu IndoTranslog, IndoColdchain dan IndoTruck. Dengan format baru ini, diperkirakan akan menarik lebih dari 200 peserta pameran di area seluas 1.169 meter persegi.

GNPHI Tuntut Pemerintah segera Angkat Perawat Honorer jadi ASN

Halaman: 
Penulis : Marselinus Gunas