logo


Heboh Transgender, Ini Bahaya dari Operasi Kelamin

Ada beberapa efek samping operasi kelamin yang patut diwaspadai karena termasuk operasi besar dan tidak main-main

4 April 2018 17:30 WIB

Ilustrasi transgender
Ilustrasi transgender Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COMBeberapa waktu belakangan ini, publik sedang dihebohkan dengan video penyanyi dangdut Lucinta Luna selesai operasi kelamin. Dia yang dulu adalah pria, sekarang sudah mengubah dirinya menjadi seorang wanita.

Operasi kelamin atau mengubah jenis kelamin masih dianggap tabu di masayarakat. Bagi sebagian orang yang melakukan operasi kelamin karena memiliki kelainan kelamin ganda atau cacat lahir. Namun, beberapa orang melakukannya karena beranggapan bahwa jati diri mereka tidak sesuai dengan jenis kelamin mereka. Hal ini cukup umum diberikan untuk orang-orang yang memiliki gender dysphoria yang dialami oleh para transgender.

Lalu, apakah operasi kelamin tetap aman dilakukan?


Yuk Coba di Rumah, Rahasia Paha Seksi Jennifer Bachdim

Ternyata tidak, ada beberapa efek samping operasi kelamin yang patut diwaspadai karena termasuk operasi besar dan tidak main-main.

Sakit pasca operasi

Prosedur operasi kelamin dilakukan dengan cara mengangkat atau memotong organ kelamin pria dan melakukan pencangkokan jaringan agar nantinya bisa membentuk menyerupai vagina wanita. Sedangkan operasi kelamin pada wanita mencakup pengangkatan rahim dan indung telur hingga melakukan operasi rekonstruksi membentuk penis.

Semua prosedur ini akan menyebabkan mandul.

Rumitnya operasi yang harus dijalani, maka dipastikan pasien akan merasakat sakit yang sangat pasca operasi. Sakit ini disebabkan luka yang belum mengering. Rasa sakitnya memang hanya sementara hingga luka operasi sembuh. Namun, rasa sakitnya bisa berlangsung hingga berbulan-bulan. Bahkan, menyebabkan pasien tidak bisa berjalan selama merasakan rasa sakit.

Untuk Antisipasi, 5 Alat Kesehatan Ini Wajib Ada di Rumah

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata