logo


Tips Jitu Merawat Tanaman Hias Blechnum Gibbum

Blechnum Gibbum merupakan salah satu jenis tumbuhan paku yang kompak bentuk

13 Januari 2015 10:12 WIB

Blechnum Gibbum
Blechnum Gibbum

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Blechnum Gibbum merupakan salah satu jenis tumbuhan paku yang kompak bentuk. Maksud dari kompak di sini adalah bila tumbuh subur, dedaunannya akan merimbun satu sama lain. Karena penampilannya yang kompak ini, banyak penghobi yang menggemari Blechnum Gibbum. Bahkan, dibandingkan dengan kerabat dekatnya yang masih satu marga, tanaman paku jenis ini lebih paling populer. Pasalnya, ia bisa ditanam sebagai tanaman hias ruang maupun sebagai aksen dalam taman. Nah, bagi Anda yang ingin menanam Blechnum Gibbum, berikut ini tips jitunya:

1. Lokasi Pemeliharaan
Paku jenis ini tumbuh baik jika dipelihara di tempat yang suhunya berkisar antara 10-16 derajat celcius pada malam hari, dan 23-28 derajat celcius pada siang hari. Sebagai tanaman hias ruangan, paku-pakuan ini sebaiknya dipajang di dekat jendela yang menghadap ke timur. Sebabnya, ia menyukai tempat yang terang. Sebenarnya, Blechnum gibbum juga toleran kalau dipelihara di tempat terbuka, asalkan kelembapan di sekitarnya dijaga tetap tinggi (di atas 60 persen).

2. Media Tanam
Media tanam yang optimal untuk menanam tanaman ini adalah yang bersifat agak asam dengan pH 5,5-6,5. Media tanam tersebut bisa dibuat dari campuran tanah kebun, pasir, dan humus dengan perbandingan 1:1:2. Sedangkan untuk menambah kesuburannya, pada setiap galon campuran itu bisa ditambah satu sendok tepung tulang.

3. Pemupukan
Pemupukan terhadap blechnum gibbum baru boleh dilakukan setelah enam bulan ditanam, atau saat diganti potnya. Sebabnya, bila diberi pupuk sebelum berumur enam bulan akar-akarnya bisa terbakar karena masih belum kuat. Pupuk yang bisa digunakan antara lain emulsi ikan atau pupuk daun, dengan konsentrasi larutan separuh dari yang dianjurkan pada label kemasannya. Proses Pemupukan dilakukan cukup dua kali dalam setahun. Caranya adalah dengan menyiramkan pada media tanamnya. Sedangkan penyiraman air harus dilakukan rutin untuk menjaga agar kelembapan tetap tinggi, namun media tanamnya tidak sampai becek.

Kembali Jadi Primadona, Yuk Kenali Manfaat Tersembunyi dari Aglaonema

Halaman: 
Penulis : Christophorus Aji Saputro, Hasballah
 
×
×