logo


DPD RI Minta Kemenperin Kembangan Kawasan Industri Luar Jawa

Dengan pemerataan kawasan industri maka pemerataan pembangunan dapat terwujud.

3 April 2018 19:55 WIB

Ketua Komite II DPD RI, Parlindungan Purba.
Ketua Komite II DPD RI, Parlindungan Purba. Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Komite II DPD RI meminta Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mengembangkan kawasan industri di daerah untuk mewujudkan percepatan pembangunan. Pasalnya, saat ini kawasan perindustrian masih belum merata dan terpusat di Pulau Jawa.

Ketua Komite II DPD RI, Parlindungan Purba, mengatakan bahwa industri merupakan salah satu sektor yang dapat menyumbang pendapatan daerah.

Menurutnya, saat ini di beberapa daerah masih belum terbangun kawasan perindustrian. Padahal, dengan pemerataan kawasan industri maka pemerataan pembangunan dapat terwujud.


DPD RI Menolak Keras Impor Beras

“Komite II DPD RI mendukung rencana induk pembangunan industri nasional sesuai PP No 14/2015 dan kebijakan tentang perwilayahan industri sesuai UU No 3/2014, terutama dalam pengembangan kawasan industri di luar pulau jawa untuk terciptanya pemerataan di seluruh wilayah Indonesia,” ujar Parlindungan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (3/4).

Lebih jauh, Parlindungan juga mendorong Kementerian Perindustrian untuk mengembangkan sektor pariwisata sebagai bagian dalam kawasan industri. Pasalnya, saat ini sektor pariwisata di daerah memiliki potensi yang besar sebagai pengembangan industri di daerah.

“Komite II DPD juga meminta kementerian perindustrian untuk mengeluarkan kebijakan yang mendukung pembangunan sentra industri kecil dan menengah disetiap Kabupaten/Kota dalam meningkatkan pemberdayaan ekonomi rakyat,” pungkasnya.

 

Canangkan Gerakan Indonesia Emas 2045, DPD RI: Ini Solusi Permasalahan Bangsa

Halaman: 
Penulis : Khairul Anwar, Riana
 
×
×