logo


Trik Jitu Halau Necrotic Enteritis Saat Musim Hujan

Secara ilmiah penyakit NE disebabkan oleh toksin dari bakteri jenis Clostridium perfringens yang berkembang pa

13 Januari 2015 08:35 WIB

Meminimalkan tingkat stres pada ayam yang dapat menyebabkan perubahan lingkungan usus. FOTO : ISTIMEWA
Meminimalkan tingkat stres pada ayam yang dapat menyebabkan perubahan lingkungan usus. FOTO : ISTIMEWA

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Musim penghujan merupakan musim menjamurnya penyakit terutama penyakit yang berhubungan dengan pencernaan seperti penyakit NE. Sebaiknya kita harus “sedia payung sebelum hujan” yang artinya berusaha mencegah penyakit sebelum penyakit itu datang. Penyakit NE merupakan salah satu penyakit yang paling sering muncul dan mengancam industri pedaging di seluruh dunia. Bahkan Barnes (2000) telah melaporkan bahwa penyakit ini mempengaruhi lebih dari 40 % ternak broiler komersil akhir-akhir ini.

Secara ilmiah penyakit NE disebabkan oleh toksin dari bakteri jenis Clostridium perfringens yang berkembang pada usus unggas. Toksin yang dihasilkan tersebut mengakibatkan terjadinya kerusakan lapisan usus sehingga menyebabkan infeksi klinis dan subklinis akut.  Sumber infeksi bisa berasal dari kontaminasi air, pakan, kotoran, dan lingkungan.  Gejala klinis yang paling sering ditemukan adalah terjadi peningkatan kematian unggas yang mendadak mendadak. Unggas yang terlihat sehat dapat mati dalam hitungan jam.

Beberapa faktor yang dapat mempengaruhi timbulnya penyakit ini diantaranya adanya kerusakan pada mukosa usus  (misalnya akibat dari  infeksi parasit, koksidia, salmonella, dan E colli), gangguan imunosupresi (misalnya akibat dari penyakit gumboro, marek, dan mycotoxin), perubahan pola pemberian pakan yang secara tiba-tiba (dari pakan starter menjadi pakan grower, tekstur atau komposisi pakan yang berubah), serta pemberian tipe ransum yang  tidak mudah dicerna.  Faktor-faktor tersebut dapat mengganggu mikroflora alami di usus dan dapat  menciptakan lingkungan yang nyaman bagi pertumbuhan Clostridium.


Trik Jitu Membuat Taman Gantung dengan Paralon, Yuk Coba!

Beberapa pendekatan yang dapat dilakukan untuk mengurangi risiko ayam terkena penyakit NE diantaranya dengan menjaga tingkat biosekuriti dan higienitas yang baik di peternakan, pengendalian koksidiosis  secara optimal, dan menjaga kesehatan usus dengan memberikan produk-produk yang dapat memodulasi mikroflora usus (prebiotik). Jangan ketinggalan meminimalkan tingkat stres pada ayam yang dapat menyebabkan perubahan lingkungan usus.

Jangan Asal Menyimpan Sayur dan Buah, Perhatikan Tips Ini!

Halaman: 
Penulis : Riana