logo


GNPHI Tuntut Pemerintah segera Angkat Perawat Honorer jadi ASN

Tuntutan telah disampaikan ke pihak terkait agar segera disikapi

28 Maret 2018 17:28 WIB

Ribuan Perawat Honorer yang tergabung dalam Gerakan Nasional Perawat Honor Indonesia (GNPHI) menggelar Rembug Nasional di Jakarta (28/3/2018)
Ribuan Perawat Honorer yang tergabung dalam Gerakan Nasional Perawat Honor Indonesia (GNPHI) menggelar Rembug Nasional di Jakarta (28/3/2018) Dok.GNPHI

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Ribuan perawat honorer yang tergabung dalam Gerakan Nasional Perawat Honor Indonesia (GNPHI) menggelar Rembug Nasional di Jakarta (28/3/2018). Rembug nasional itu digelar sebagai salah satu upaya menuntut pengangkatan sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN).

Mereka mendesak pemerintah agar mengubah undang-undang ASN agar mereka segera diangkat.
Sebagai langkah awal, peserta Rembug Nasional mendatangi Staf Kantor Kepresidenan Binny Buchori.

Di hadapan Binny, mereka menyampaikan tuntutan mereka. Binny berjanji akan menyampaikan aspirasi para peserta Rembug Nasional pimpinannya.

“Saya akan sampaikan ke pimpinan di kantor kepresidenan, agar aspirasi ribuan perawat dapat disalurkan di kementerian bersangkutan, seperti di Kementerian Kesehatan dan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara/ Kemen PAN”, ujar Binny di tengah para peserta Rembug nasional perawat honorer.

Anggota Komisi IX DPR Nursuhud mengatakan dirinya sepakat dengan usulan para perawat honorer. Dia berharap perawat honorer yang ada di seluruh Indonesia harus dihargai pemerintah dengan mengangkat mereka menjadi ASN.

Rembug Perawat honor Indonesia dengan tema “Perawat Honor Untuk Indonesia Sehat” mempunyai peranan penting untuk Indonesia sehat. Perawat honor Indonesia yang hadir dari berbagai Propinsi bisa menyampaikan keadaan di daerahnya, karena GNPHI sudah melakukan pertemuan dengan kementerian terkait tetapi sampai saat ini belum ada kebijakan untuk Perawat honor Indonesia.

Sebagaimana diketahui, Presiden Jokowi telah merumuskan 9 agenda prioritas dalam Nawa Cita Pembanguan Nasional. Salah satu fokusnya adalah pada Peningkatan Kualitas Hidup Manusia dan Kesejahteraan Masyarakat, yang dikemas dalam Program Indonesia Sehat.

Perwujudan program tersebut antara lain melalui Paradigm Sehat, Penguatan Pelayanan Kesehatan, dan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), dengan adanya program prioritas tersebut yaitu peningkatan kualitas hidup manusia yang dikemas dalam Indonesia sehat, maka perlu kami sampaikan bahwa Perawat honor Indonesia mempunyai peranan penting untuk menjalankan program nawacita Persiden Republik Indonesia.

Kata Jokowi Soal Perpres Zakat ASN

Halaman: 
Penulis : Marselinus Gunas