logo


Belum Punya Keturunan, Belum Tentu Karena Tak Subur

"Gejala fisik ketidaksuburan ialah ketidakmampuan untuk hamil setelah berhubungan intim tanpa proteksi atau pun pasangan belum berhasil hamil lagi."

27 Maret 2018 13:30 WIB

Pasangan
Pasangan

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Memiliki keturunan adalah hal yang paling ditunggu-tunggu oleh pasangan yang sudah menikah. Namun, tidak semua pasangan mendapatkan keturunan dengan cepat. Bahkan, sampai bertahun-tahun yang mereka inginkan belum juga terkabul.

Tingkat kesuburan pria maupun wanita sangat berpengaruh terhadap hal ini. Dr Mira Krishtania Sp. And., spesialis Andrologi dan Seksologi Siloam Hospitals TB Simatupang, memaparkan bahwa ketidaksuburan atau infertilitas kerap menjadi kendala bagi pasangan yang ingin memiliki keturunan.

"Gejala fisik ketidaksuburan ialah ketidakmampuan untuk hamil setelah berhubungan intim tanpa proteksi ataupun pasangan belum berhasil hamil lagi," ungkap Mira dalam keterangan persnya pada hari Selasa (27/3).


Usia Sudah Menginjak 30 Tahun, Penuhi Nutrisi Ini

Bagi pria, sulit memiliki keturunan bisa juga disebabkan faktor gaya hidup tidak sehat dan produksi sperma tidak normal. Bagi perempuan, disebabkan oleh kegagalan ovulasi akibat penyimpangan hormonal karena diet dan berolah raga berlebihan.

"Faktor kerusakan tabung saluran indung telur, jaringan parut setelah operasi, dan endometriosis, atau jaringan yang biasanya tumbuh di rahim, lalu tertanam di bagian tubuh lain merupakan faktor lain dalam menghambat proses kehamilan pada perempuan," kata dia.
Oleh karena itu, Mira mengingatkan, terutama kepada pria untuk menjaga pola hidup sehat guna mengatasi pola reproduksi.

Dia menegaskan, jika ingin cepat memiliki keturunan, jalankan pola hidup sehat. Bagi perokok segera berhenti merokok.

"Bagi perokok segera berhenti merokok jika ingin memiliki anak dan jalankan pola hidup sehat. Sedangkan alternatif medis yang berpotensi membantu adalah teknologi tinggi pada metode bayi tabung," imbuh Mira.

Nikita Mirzani Hamil Anak Dipo Latief?

Halaman: 
Penulis : Uty Saifin Nuha