logo


Ketua DPR: Kebijakan Impor Belum Bisa Turunkan Harga Bawang Putih di Pasaran

Bamsoet meminta agar Komisi IV DPR RI mendorong Kementerian Pertanian (Kementan) menyediakan bibit bawang putih yang unggul untuk dibagikan kepada pentani bawang.

23 Maret 2018 21:39 WIB

Bawang putih.
Bawang putih. Jitunews/Rezaldy

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Kebijakan pemerintah yang akan melakukan impor bawang putih mendapat tanggapan dari Ketua DPR RI, Bambang Soesatyo (Bamsoet). Diketahui, saat ini Pemerintah mengizinkan impor bawang putih, dan ada 13 perusahaan yang mendapat izin impor 196.000 ton bawang putih.

Menurut Bamsoet, kebijakan impor tersebut belum bisa menurunkan harga bawang putih di pasaran. Karenanya, ia pun meminta pemerintah untuk melakukan operasi pasar agar harga bisa turun.

“Saya meminta Komisi VI DPR RI mendorong Kementerian Perdagangan (Kemendag) untuk melakukan operasi pasar guna menurunkan harga bawang putih yang masih tinggi di pasaran,” ujar Bamsoet di Jakarta, Jumat (23/3).


Harga Bawang Putih Masih Tertahan di Angka Tinggi

Politisi Golkar ini juga meminta agar Komisi IV DPR RI mendorong Kementerian Pertanian (Kementan) menyediakan bibit bawang putih yang unggul untuk dibagikan kepada pentani bawang.

“Hal itu penting, agar budidaya bawang putih dapat meningkatkan kualitas dan meningkatkan hasil produksinya,” jelas Bamsoet.

Bamsoet melanjutkan, Komisi IV DPR juga harus mendorong Kementan bekerjasama dengan kelompok tani bawang untuk memperluas lahan pertanian serta mengajak petani yang sudah mengalihkan fungsi lahan miliknya agar kembali menanam bawang putih.

“Saya juga mengimbau para petani untuk fokus membudidayakan bawang putih sebagai satu-satunya tanaman, guna meningkatkan produksi nasional,” pungkasnya.

 

Kementan Tanam Serempak Bawang Putih di 3 Lokasi

Halaman: 
Penulis : Khairul Anwar, Riana