logo


Heboh Cacing dalam Kemasan Sarden, DPR: Pemerintah Harus Anggarkan Pembelian Mobil Lab Keliling

Irma juga berharap Kemenetrian Kesehatan untuk lebih peduli terhadap program-program promotive preventive.

23 Maret 2018 11:08 WIB

Anggota Komisi IX DPR RI, Irma Suryani Chaniago.
Anggota Komisi IX DPR RI, Irma Suryani Chaniago. Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Ditemukannya cacing pita di dalam kemasan kaleng Sarden yang menghebohkan masyarakat di Provinsi Riau khususnya di Kabupaten Kep. Meranti dan Kabupaten Rokan Hilir mendapat tanggapan dari Anggota Komisi IX DPR RI, Irma Suryani Chaniago.

Menurut Irma, Pemerintah sudah seharusnya melakukan pengadaan mobil laboratorium keliling agar pengawasan obat dan makanan dapat dilakukan secara maksimal oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

“Sejak awal saya minta pemerintah untuk menganggarkan pembelian mobil laboratorium keliling yang nanti ditempatkan di tiap Kabupaten dan Kota,” ujar Irma di Jakarta, Kamis (22/3).


Bambang Soesatyo Bicara Soal Kemenangan Pilkada 2018 Begini

Dalam hal ini, Irma juga berharap Kemenetrian Kesehatan untuk lebih peduli terhadap program-program promotive preventive. Pasalnya, apabila pengawasan terhadap makanan tidak baik maka program Nusantara Sehat tidak akan mencapai targetnya dengan baik.

“Saya sudah pernah sampaikan kepada Menkes, sebesar apa pun anggaran Kesehatan yang disediakan pemerintah tidak akan cukup, jika preventif nya tidak maksimal. Menjaga Kesehatan lebih baik daripada mengobati. Kementerian Kesehatan harus lebih peduli pada program promotive preventive dari pada melulu bicara kuratif,” pungkasnya.

Diketahui, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) mengambil langkah tegas dengan menarik 3 produk ikan sarden kaleng dari peredaran di wilayah Kepulauan Riau. Penarikan ketiga produk sarden kaleng ini dilakukan sesuai instruksi dari BPOM pusat.

Ketiga produk pangan sarden kaleng ini adalah merek IO, Hoki dan Farmerjack. Ketiganya merupakan produk pangan asal Cina dan diimpor secara legal ke Indonesia. Sarden kaleng merek IO diimpor oleh PT Mexindo Mitra Perkasa, sarden Hoki oleh PT Interfood Sukses Jasindo dan merek Farmerjack diimpor oleh PT Prima Niaga Indomas.

Data Facebook Bocor, Komisi I DPR: Indonesia Harus Punya UU Perlindungan Data Pribadi

Halaman: 
Penulis : Khairul Anwar, Riana