logo


Bertemu Diaspora Indonesia di Selandia Baru, Jokowi Paparkan Upaya Pemerintah Bangun Papua

Jokowi berbagi cerita dan pengalamannya ketika melakukan kunjungan kerja ke berbagai daerah tertinggal di Indonesia

20 Maret 2018 21:09 WIB

Jokowi, Iriana Jokowi bersama Pelajar Indonesia di Sydney, Australia, Sabtu (17/3)
Jokowi, Iriana Jokowi bersama Pelajar Indonesia di Sydney, Australia, Sabtu (17/3) Detik.com

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Sejak Minggu malam (18/3) hingga Senin (19/3), Presiden Joko Widodo melakukan kunjungan kenegaraan ke Selandia Baru. Di Selandia Baru, Jokowi bertemu dengan sejumlah diaspora Indonesia dan para pelajar asal Indonesia.

Dalam diskusi santai, Jokowi sempat menyinggung upaya pemerintah dalam membangun Papua.

Penjelasan Jokowi soal Papua itu berawal dari pertanyaan seorang diaspora Indonesia di Selandia Baru saat diskusi santai dengan Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo.


Tanggapi Pernyataan Luhut, PAN: Amien Rais Dosa Apa, Itu Urusan Tuhan

Bapak Presiden, apa yang menjadi motivasi Bapak sehingga begitu sering datang ke Papua?” tanya Fransiscus Orlando, salah satu Warga Negara Indonesia (WNI) asal Papua yang tingal di Selandia Baru saat Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertemu dengan para WNI di Amopura Gathering, Museum Te Papa, Senin (19/3).

Presiden yang hadir bersama Ibu Negara Iriana, menjawab bahwa sebagai seorang pemimpin, ia ingin melihat secara langsung kondisi masyarakat dan infrastruktur di sana, tidak hanya dari laporan saja.

Menurutnya, Indonesia bagian timur terlalu lama dilupakan dan kurang diperhatikan.

“Satu setengah bulan setelah dilantik, saya langsung terbang ke Papua. Sampai saat ini sudah tujuh kali saya datang ke Papua dan merupakan provinsi paling sering saya kunjungi. Padahal Jakarta ke Papua butuh 6 jam. Tapi ini wilayah NKRI yang harus diperhatikan,” ujarnya disertai tepuk tangan seluruh WNI yang hadir.

Soal Ancaman Luhut ke Amien Rais, Gerindra: Jokowi Harus Tegur agar Tak Jadi Polemik

Halaman: 
Penulis : Marselinus Gunas