logo


Turut Mengangkut Sampah di Teluk Jakarta, Anies: Jangan Buang Sampah ke Sungai!

Para petugas kesulitan mengangkut sampah di lokasi tersebut.

19 Maret 2018 17:21 WIB

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Beritajakarta.id

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meninjau tumpukan sampah di Teluk Jakarta. Anies juga sempat ikut mengangkut sampah bersama petugas Sudin Lingkungan Hidup Jakarta Utara. Dengan tangan kosong, mantan Mendikbud tersebut turut mengangkut sampah.

"Siang ini kita di Pluit di sini kita merespons atas laporan warga tentang sampah yang ada di pesisir dan setelah dilaporkan kemudian langsung Dinas LH bergerak selama beberapa hari ini sudah terkumpul lebih dari 50 ton sampah," kata Anies di Kawasan Hutan Mangrove Ecomarine, Muara Angke, Jakarta Utara, pada hari Senin (19/3).

Anies mengatakan para petugas kesulitan mengangkut sampah di lokasi tersebut. Dia mengatakan faktor lokasi membuat pengangkutan sampah tak dapat dilakukan dengan alat berat.


Zulkifli Hasan ke Anies: Ini Bukan Hanya Gubernur Jakarta, Tapi Gubernurnya Indonesia

"Dan karena lokasinya, maka pembersihannya tidak bisa menggunakan alat besar untuk mengangkut. Karena tidak bisa diangkut, harus pakai kapal, satu pakai ekskavator, dua tenaga manusia langsung diangkat," ujarnya.

Anies memperkirakan masih ada 50 ton sampah yang tersisa di Teluk Jakarta. Anies berharap warga mau ikut membantu menjaga lingkungan dengan tidak lagi membuang sampah sembarangan.

"Kita meminta kepada seluruh rumah tangga, seluruh keluarga, mari buang sampah di tempatnya, jangan buang sampah sembarangan dan jangan buang sampah di sungai. Apalagi sampah-sampah plastik ini, mayoritas sampah-sampah plastik luar biasa volumenya," tutur Anies.

Teluk Jakarta Kotor, Sandiaga Uno Sebut Nelayan Kerap Buang Sampah ke Laut

Halaman: 
Penulis : Uty Saifin Nuha