logo


Soal Kemungkinan Jokowi Jadi Presiden Seumur Hidup, Politikus NasDem Bilang Begini

Menurut Johnny, ada banyak variabel yang perlu diperhatikan untuk merumuskan kebutuhan negara pada masa mendatang

17 Maret 2018 17:30 WIB

Anggota Komisi XI DPR RI, Johnny G Plate.
Anggota Komisi XI DPR RI, Johnny G Plate. Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Sekretaris Jenderal DPP Partai NasDem, Johnny G Plate, menyatakan, kecil kemungkinan Indonesia mengikuti China yang menetapkan Xi Jinping menjadi Presiden seumur hidup.

Menurut Johnny, kalaupun kelak Joko Widodo terpilih sebagai Presiden RI periode 2019-2014, maka tak akan mungkin bisa mencalonkan diri lagi pada Pemilu 2019.

“Kecuali Indonesia mengikuti langkah China (mengamandemen konstitusi, red), tapi rasanya enggak mungkin Indonesia seperti itu," papar Johnny pada diskusi bertema Skenario Jokowi 2019: Apa Kriteria Cawapres? yang digelar PARA Syndicate di Jakarta Selatan, kemarin.


Ditanya Soal Musik, Jokowi: Anak Muda Sekarang Sukanya Via Vallen

Johnny meyakini, bila politikus di Indonesia menginginkan kepemimpinan Jokowi bisa berjalan dengan baik.

"Penting diketahui terlebih dahulu manifestasi atau bentuk proyeksi dari kebutuhan pemerintah. Harus tahu kebutuhan negara, dengan demikian dapat dirumuskan sosok pemimpin yang tepat," terangnya.

Menurut Johnny, ada banyak variabel yang perlu diperhatikan untuk merumuskan kebutuhan negara pada masa mendatang‎, mulai perkembangan dunia internasional hingga politik di dalam negeri.

"Misalnya, ‎evaluasi terhadap pilkada, sekarang sudah ada yang ngomong apa perlu pilkada langsung atau dipilih lewat DPRD. Ini penting karena punya Undang-Undang Otonomi Daerah dan kewenangan besar ada pada kepala daerah," pungkas Johnny.

 

Lima Kriteria Pendamping Jokowi Versi Projo

Halaman: 
Penulis : Riana