logo


Tak Memenuhi Syarat, Permohonan Partai Republik Ditolak

Majelis menilai bahwa Partai Republik tidak dapat membuktikan terpenuhinya syarat administrasi dalam proses pendaftaran partai peserta pemilu

8 Maret 2018 18:00 WIB

Sidang ajudikasi penyelesaian sengketa proses pemilu di gedung Bawaslu, Jakarta, Kamis (8/3).
Sidang ajudikasi penyelesaian sengketa proses pemilu di gedung Bawaslu, Jakarta, Kamis (8/3). Jitunews/Latiko Aldilla Dirga

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Majelis sidang ajudikasi penyelesaian sengketa pemilu menolak permohonan Partai Republik untuk seluruhnya. Keputusan itu sama saja menutup kesempatan Partai Republik sebagai partai peserta Pemilu tahun 2019 mendatang.

Dalam sidang yang di selenggarakan di Gedung Bawaslu, jl. MH Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis (8/3), Majelis sidang ajudikasi yang di ketuai oleh Abhan menolak permohonan Partai Republik dalam semua permohonannya.

"Menolak eksepsi, menolak permohonan pemohon untuk seluruhnya," ujar Ketua Majelis Ajudikasi, Abhan.


Gelar Aksi Unjuk Rasa, Bawaslu Diminta Meloloskan Partai Republik Jadi Peserta Pemilu 2019

Dalam pertimbangannya, majelis menilai bahwa Partai Republik tidak dapat membuktikan terpenuhinya syarat administrasi dalam proses pendaftaran partai peserta pemilu.

Sebelumnya, Bawaslu juga telah memutuskan agar KPU memberikan kesempatan perbaikan persyaratan administratif kepada Partai Republik, namun Partai Republik terbukti secara nyata tidak dapat memenuhi syarat administratif tersebut. Oleh sebabnya majelis sidang ajudikasi menilai bahwa Partai Republik tidak dapat melanjutkan proses penelitian faktual sebagaimana syarat proses pendaftaran partai peserta pemilu 2019.

Unjuk Rasa, Partai Republik: Kita Optimis Diloloskan

Halaman: 
Penulis : Irvan Alfaris, Aurora Denata