logo


Akar Sidaguri Hambat Asam Urat

Sidaguri merupakan tumbuhan perdu liar yang tumbuh tegak bercabang

9 Januari 2015 12:41 WIB

Ekstrak akar sidaguri
Ekstrak akar sidaguri

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Akar sidaguri yang diekstrak mampu menunrunkan kadar asam urat. Hal ini dikarenakan kandungan dalam akar sidaguri yaitu flavonoida bisa menghambat  aktivitas xantin oksidase yang dilakukan secara in vitro hingga 55 %.

Setidaknya itulah penelitan yang dilakukan oleh Siti Marwah dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Indonesia beberapa waktu lalu. Penelitian itu juga sama dengan penelitian yang dipublikasikan Journal of Biological Science 2009

Obat tradisional dari sidaguri ini memang bisa digunakan secara sendiri, atau satu jenis, maupun racikan yang dicampur dengan bahan lainnya. Salah satu campuran yang sangat baik bagi pengobatan asam urat adalah dengan mencampur racikan bersama mahkota dewa.


Tulsi, si Daun Ajaib untuk Mengobati Keracunan Makanan

Sidaguri merupakan tumbuhan perdu liar yang tumbuh tegak bercabang. Tinggi tumbuhan mencapai 1 sampai 2 meter di daerah tropis berketinggian 1.400 meter di atas permukaan laut. Tanaman ini tumbuh subur dengan sinar matahari yang cukup. Perkembangbiakan tanaman ini bisa dilakukan dengn biji maupun dengan stek batang.

Ciri-ciri tumbuhan ini adalah bentuk daunnya yang bulat telur memanjang dan tepinya bergerigi. Panjang daunnya 1 sampai 4 centimeter dengan lebar 1 sampai 2 centimeter. Bunganya tunggal berwarna kuning. Bunganya mekar di siang hari dan hanya bertahan tiga jam saja. Sedangkan buahnya berupa kendaga.

Kandungan dalam sidaguri itulah yang bisa merontokan asam urat dalam tubuh. Asam urat atau Gout berasal dari Bahasa Latin yaitu gutta, yang berarti tetesan. Menurut kepercayaan bahwa racun menetes ke dalam tulang sendi dan menyebabkan gout.

Pada tahun 1848, Sir Alfred Garrod menghubungkan gout dengan hiperurisemia. Gout merupakan istilah yang dipakai untuk sekelompok gangguan metabolik yang ditandai oleh meningkatnya konsentrasi asam urat (hiperurisemia).

 

Salut, Mahasiswa Ini Ciptakan Ramuan Herbal untuk Enyahkan Insomnia!

Halaman: 
Penulis : Ali Hamid
 
×
×