logo


Wow Batu Ginjal Bisa Luruh dengan Kumis Kucing

Manfaat kalium adalah sebagai diuretik atau memperlancar buang air kecil dan pelarut batu saluran kencing.

9 Januari 2015 11:06 WIB

Daun kumis kucing
Daun kumis kucing

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Ternyata tanaman hias kumis kucing bisa digunakan untuk meluruhkan batu ginjal. Pasalnya daun kumis kucin memiliki kandungan ortosifonin dan garam kalium yang dapat membantu larutnya asam urat, fosfat dan oksalat dalam kandung kemih, empedu, serta ginjal. Jika semua zat itu larut maka tidak terjadi pengendapan di batu ginjal.

Adapun manfaat kalium adalah sebagai diuretik atau memperlancar buang air kecil dan pelarut batu saluran kencing. Sementara kandungan saponin dan tanin bisa mengatasi keputihan sedangkan sinensetin berkhasiat untuk anti bakteri.

Daun kumis kucing mengandung minyak atsiri, terdiri 60 jenis sesquiterpens dan fenolik. Tanaman ini juga mengandung saponin, flavanoid, minyak lemak, garam kalium, tanin dan beberapa senyawa lainnya. Senyawa senyawa inilah yang memberikan manfaat untuk kesehatan.


3 Obat Tradisional Ini Ampuh Usir Asam Urat dan Reumatik

Untuk mengolah daun kumis kucing sebagai peluruh zat di ginjal maka ikuti caranya berikut ini

1. Ambil daun kumis kucing yang masih segar atau telah dikeringkan sebanyak kira-kira ¼ genggaman tangan. Selanjutnya daun direbus dengan segelas air hingga menyusut menjadi seperdua gelas. Selanjutnya saring dan minum air tersebut. Untuk hasil maksimal, minum di pagi dan sore hari masing-masing ½ gelas.

2. Untuk mendapatkan manfaat kumis kucing dalam melenyapkan kencing batu, silahkan ambil daun kumis kucing sebanyak kira-kira 90 gram. Sebelum digunakan, daun harus dicuci bersih. Setelah itu, rebus di dalam air sebanyak 1 liter.

Tunggu hingga mendidih dan susut menjadi kira-kira 750cc. Angkat dan dinginkan. Selanjutnya saring dan minum sebanyak 3 kali per harinya dengan jumlah 250cc di pagi, siang dan malam hari.

3. Jika Anda mengalami rasa nyeri saat buang air kecil, boleh menggunakan kumis kucing. Sebab ia juga bermanfaat melancarkan saluran kandungan kemih yang bermasalah. Caranya cukup mudah, seduh daun kumis kucing yang telah kering layaknya teh, dan minum setiap pagi. Madu atau gula aren dapat ditambah agar lebih nyaman di lidah Anda.

4. Altenatif lain bisa juga dengan cara menyediakan 20 lembar daun kumis kucing ditambah dengan dua gelas air bersih. Selanjutnya masukkan air dan kumis kucing tadi ke dalam panci dan rebus sampai sekitar tersisa 1 gelas saja. Setelah itu rebusan itu dapat diminum dua hingga tiga kali setiap harinya.

'Sejuta' Manfaat Tersembunyi Daun Sirsak untuk Kesehatan Tubuh

Halaman: 
Penulis : Christophorus Aji Saputro, Ali Hamid