logo


Harapan Moeldoko Hari Ini Ekor AirAsia Segera Terangkat

Upaya pengangkatan ekor pesawat AirAsia QZ8501 kembali dilakukan pada hari Jumat (8/1)

9 Januari 2015 11:05 WIB

Pesawat AirAsia (Ist)
Pesawat AirAsia (Ist)

JAKARTA, JITUNEWS - Upaya pengangkatan ekor pesawat AirAsia QZ8501 kembali dilakukan pada hari Jumat (8/1). Tim penyelam gabungan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) sudah bersiap sedari fajar belum menyingsing.

Panglima TNI, Moeldoko, mengatakan untuk mengangkat ekor AirAsia QZ8501 akan menggunakan balon apung atau lifting bag yang dibawa helikopter menuju kapal tim SAR.

Moeldok melanjutkan, ada balon-balon apung itu nantinya akan dikaitkan ke kapal milik SKK Migas, Grestonics, yang memiliki kekuatan 60 ton.


Moeldoko Belum Ucapkan Idul Fitri ke SBY, Demokrat: Mestinya Manfaatkan Fasilitas Tuhan untuk Akui Kesalahan

Moeldoko yang memimpin langsung proses pengangkatan puing-puing kapal AirAsia QZ8501 menjelaskan tim penyelam pertama sudah mengikatkan balon apung ke ekor pesawat.

"Sudah ada tiga balon yang dipasang. Tinggal penggelembungan balon dan selanjutnya diikatkan ke kren kapal Grestonics," kata Moeldoko.

Sejak Kamis (7/1) kemarin tim penyelamat sudah mengupayakan pengangkatan ekor AirAsia QZ8501. Namun usaha itu gagal karena terhambat derasnya arus di kedalaman air. Selain itu, terbatasnya jarak pandang karena banyaknya lumpur di kedalaman air menjadi penghambat lainnya.

Kini Moeldoko dan jajaran anak buahnya berharap hal itu tidak terjadi lagi. Sang Jenderal berharap cerahnya cuaca di dataran juga berimbas kepada kondisi arus air yang bersahabat.

"Semoga segera terangkat," kata Moeldoko.

Sebut Ivermectin Obat Cacing, Moeldoko: Terbukti Efektif dalam Penyembuhan Covid-19

Halaman: 
Penulis :