logo


Telur Ayam Asin, Unik dan Mudah Cara Buatnya

Walau tidak sepopuler layaknya telur bebek asin, telur ayam asin ini memiliki kelebihan tersendiri loh

28 Februari 2018 20:09 WIB

Ilustrasi - Time Magazine
Ilustrasi - Time Magazine
dibaca 7971 x

Siapa yang tak kenal makanan satu ini? Ya telur asin merupakan makanan yang rasanya unik dan nikmat saat dipadukan dengan lauk pauk atau berbagai macam sambel. Biasanya telur asin terbuat dari telur itik atau bebek yang memiliki warna biru yang khas. Namun, ada yang unik dengan telur asin yang satu ini, yaitu telur asin yang terbuat dari telur ayam.

Terkadang orang sering bertanya-tanya apakah membuat telur asin hanya bisa menggunkan telur bebek saja. Ternyata tidak loh, membuat telur asin dengan menggunakan telur ayam juga bisa. 

Walau tidak sepopuler layaknya telur bebek asin, telur ayam asin ini memiliki kelebihan tersendiri loh. Kelebihannya yaitu dari cara pembuatannya, biasanya jika telur asin bebek dibuat dengan di amplas dan dibalut dengan bubuk batu bata yang dicampur dengan garam, namun untuk telur ayam asin ini hanya di rendam dalam air garam dan di diamkan hingga telur tersebut asin. Mudah sekali bukan.


Wih, Ini Resep Gorengan dengan Bahan Mie Instan

Bila telur sudah asin dan sudah direbus, saat dibelah telur tersebut tidak berminyak seperti telor asin bebek. Kuning telur ayam asin ini lebih berwarna gelap atau lebih kecoklatan. Bagi anda yang ingin mencoba membuat telur ayam asin ini, berikut saya sajikan resep telur ayam asin. Selamat mencoba.

Bahan dan alat:

1. 4 butir telur ayam

2. 6 sdm garam dapur 

3. Air bersih menyesuaikan telur 

4. Toples

Langkah-langkah

1. Cuci bersih telur ayam

2. Larutkan garam dapur dengan air bersih ke dalam toples

3. Masukan telur ayam ke dalam toples

4. Tutup rapat dan biarkan 1-2 minggu

Bagi anda yang tidak terlalu menyukai rasa asin, mendiamkan telur ayam tersebut cukup 7-10 hari saja. Namun, bagi anda yang ingin mendapatkan telur ayam asin yg sempurna mendiamkannya bisa sampai 2 minggu atau sekitar 14-20 hari. 

Ditulis oleh: alwi anita

*Tulisan ini adalah 'Suara Kita' kiriman dari pembaca. Jitunews.com tidak bertanggung jawab terhadap isi, foto maupun dampak yang timbul dari tulisan ini. Mulai menulis sekarang.

Lezat! Ini Dia Resep Masakan Cumi Pedas

Halaman: 
Admin : Aurora Denata