logo


7 Insting Yang Harus Kamu Punya Saat Traveling ala Backpacker

Nah, biar perjalananmu menyenangkan dan membawa kesan mendalam, insting wajib backpacker ini harus kamu asah sejak sekarang. Jangan ada yang kelewatan ya!

26 Februari 2018 21:09 WIB

Backpacker.
Backpacker. Pixabay

JITUNEWS.COM - Menjadi seorang traveler yang cerdas adalah hal wajib buat kamu yang berencana melakukan perjalanan dengan cara backpacker. Segalanya harus kamu lakukan sendiri, mulai dari menentukan rute sampai menghadapi kemungkinan tersesat di jalan.

Nah, biar perjalananmu menyenangkan dan membawa kesan mendalam, insting wajib backpacker ini harus kamu asah sejak sekarang. Jangan ada yang kelewatan ya!

Cermat mengatur perjalanan


Gak Punya Kebun buat Salurkan Hobi? Yuk Gabung Komunitas Ini...

Backpacker artinya kamu harus mandiri, melakukan segala sesuatunya sendiri. Mulai dari memesan tiket kereta api, menentukan destinasi tujuan, membuat rencaa perjalanan, memperkirakan biaya perjalanan dan pastinya menentukan rute liburan. Perjalanan seperti ini memerlukan rencana yang cermat, dan traveler yang cerdas akan mengatur semuanya sejak jauh hari, lengkap dengan rencana cadangan jika terjadi hal di luar perkiraan.

Cerdas menata barang bawaan

Bukan backpacker namanya kalau pergi dengan dua koper dan bermacam tas kecil di badan. Satu tas saja sudah cukup, syukur kalau semua bisa masuk ke bagasi tanpa merepotkan penumpang lain. Prinsipnya adalah, hanya membawa barang yang diperlukan. Tidak berlebihan dan juga tidak kurang.

Memanfaatkan gadget semaksimal mungkin

Gunakan smartphone di tangan kamu dengan sebaik mungkin. Karena benda mungil ini nggak cuma berguna buat berkirim pesan atau update di media sosial, namun juga bisa digunakan sebagai sarana membeli tiket kereta api, membuka peta, melihat kemacetan, cek jalur perjalanan, mengantarkan ke tempat tujuan, dan banyak fungsi lainnya yang bisa kamu maksimalkan.

Buang jauh kebiasaan ngaret

Apapun moda transportasi yang kamu naiki, buang jauh kebiasaan ngaret. Tidak hanya pesawat terbang, kereta api dan bus pun sekarang berangkat tepat waktu, sesuai dengan jadwal.

Jangan sampai perjalanan kamu berantakan hanya karena mempertahankan kebiasaan ngaret yang bisa berakibat ketinggalan pesawat, atau yang lebih nyesek lagi, ketinggalan kereta ketika kamu sibuk mencetak tiketnya di stasiun kereta. Sakit banget kan…

Sigap jaga diri di hostel

Memilih backpacker artinya kamu siap untuk menginap di hostel atau dorm yang harganya memang lebih murah daripada hotel biasa. Arti lainnya, kamu juga harus sigap menjaga diri di dalam hostel yang diisi oleh banyak orang.

Selain sigap menjaga diri dan barang bawaan, kamu juga harus siap berinteraksi dan berbagi dengan teman seruangan. Terbuka dan ramah kepada penghuni lain akan banyak membantumu dalam perjalanan backpacker ketimbang berdiam dan menutup diri.

Menghormati masyarakat dan budaya setempat

Tamu yang baik adalah yang selalu menghormati adat dan budaya masyarakat di kawasan yang dikunjungi. Selain itu kamu juga harus menjaga tempat-tempat wisata yang didatangi, jangan sampai merusak apapun yang ada di dalamnya. Termasuk dengan tidak membuang sampah sembarangan.

Menjaga sopan santun dan turut menjaga kebersihan lingkungan sekitar adalah hal yang wajib dimiliki oleh semua traveler. Alam terjaga, liburan pun bakal jadi lebih menyenangkan.

Selalu punya tempat rahasia untuk menyimpan dana cadangan

Sebagai traveler, satu hal yang wajib dimiliki adalah dana cadangan dalam bentuk cash dan disimpan di tempat yang aman. Kamu nggak akan tahu kapan apes itu menyapa.

Jadi, sebaiknya selalu siapkan dana cadangan di tempat yang sangat rahasia. Sehingga kamu tetap bisa melanjutkan perjalanan meski terjadi hal apes di jalan.

Traveler cerdas juga pandai mengatur pengeluaran selama perjalanan. Menghemat biaya transportasi dengan membeli tiket kereta api adalah salah satu triknya.

Agar lebih hemat, asah insting kamu dengan berburu promo tiket kereta api di Traveloka. Makin banyak diskon yang kamu dapat, makin pas gelar ‘traveler backpacker’ kamu sandang.

Sudah siap melakukan perjalanan backpacking? Jadi traveler yang cerdas yuk?!

Yuk Intip Serunya Kegiatan Penggemar Si Kumis...

Halaman: 
Penulis : Marselinus Gunas