logo


Terkait Koalisi, PDIP Komunikasi dengan Demokrat dan Gerindra

PDIP akan membuka koalisi dengan semua partai politik untuk melancarkan pencalonan Jokowi

24 Februari 2018 15:55 WIB

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto.
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto. Jitunews/Johdan A.A.P

BALI, JITUNEWS.COMPDIP sudah mendeklarasikan Joko Widodo sebagai capres di Pilpres 2019. PDIP akan membuka koalisi dengan semua partai politik untuk melancarkan pencalonan Jokowi.

"Tentu saja berdasarkan urut-urutan dukungan kalau pertama kali yang telah menyampaikan dukungan adalah yang berada dalam pemerintahan. Maka, fokus kami adalah partai yang ada di dalam pemerintahan. Kemudian kami akan ajak dialog juga partai lain," kata Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto di Prime Plaza Hotel, Denpasar, Bali, pada hari Sabtu (24/2).

Ia menyebut arah koalisi sudah jelas, pemerintahan yang kuat harus didukung mayoritas parlemen. Hasto mengatakan parpol yang sudah mendeklarasikan dukungannya terhadap Jokowi akan diajak berdialog.


Sudah Siapkan Nama Cawapres Jokowi, Puan Enggan Berbagi

"Sebenarnya sudah ada gambaran yang lebih jelas terhadap arah koalisi ke depan. Partai yang sudah menyatakan dukungannya akan kami ajak berdialog kembali, kemudian yang belum memberikan dukungan juga," ucapnya.

"Pemerintahan yang stabil, pemerintahan yang kuat tidak hanya mendapatkan dukungan legitimasi rakyat, tetapi juga kekuatan mayoritas di parlemen," tambahnya.

Hasto mengaku sudah berkomunikasi dengan Demokrat dan Gerindra. 

"Gerindra, Demokrat dalam level komunikasi kami sudah lakukan DPP. Saya sering ketemu Pak Hinca (Sekjen Demokrat). Di parlemen, kita lakukan dengan membangun semangat kerja sama di antara partai politik. Setelah Rakernas ini kami akan mengambil inisiatif untuk membangun dialog dengan partai politik, termasuk Gerindra sekalipun," jelas Hasto.

Megawati Perintahkan Putranya dan Hasto Bertemu AHY

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata