logo


Solusi Jitu Cegah Penyakit Marek Pada Ayam Petelur

Marek merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus herpes dan ditandai pembentukan tumor

8 Januari 2015 09:50 WIB

Pencegahan yang paling utama dan paling efektif adalah dengan menjaga sanitasi kandang dan lingkungan. FOTO : ISTIMEWA
Pencegahan yang paling utama dan paling efektif adalah dengan menjaga sanitasi kandang dan lingkungan. FOTO : ISTIMEWA

JAKARTA, JITUNEWS.COM -  Prinsip sedia payung sebelum hujan sangat penting diterapkan, karena beternak ayam petelur memiliki rentang waktu yang lama. Ayam akan mudah terserang penyakit bila kondisi lingkungannya tidak mendukung dan kualitas pakan yang diberikan tidak bagus. Banyak penyakit yang biasa menyerang ayam petelur, baik itu penyakit yang disebabkan oleh parasit, bakteri, ataupun virus.

Penyakit Marek merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus herpes dan ditandai oleh adanya pembentukan tumor (pembengkakan) pada berbagai organ dalam tubuh dan syaraf, sehingga dapat menyebabkan kelumpuhan pada kaki atau sayap ayam.  Penyakit ini dapat menekan sistem kekebalan tubuh yang ditandai dengan kerusakan bursa fabrisius.

Penularan bisa sangat cepat mengingat penyakit ini dapat menular melalui lingkungan seperti udara, alas kandang (litter), debu, peralatan kandang, petugas kandang dan vector perantara sejenis kumbang. Sampai saat ini, belum ada pengobatan yang sangat efektif untuk penyakit Marek namun pencegahannya dapat dilakukan dengan cara vaksinasi.


Jurus Jitu Menanam Cabai dalam Polybag

Jika vaksinasi telah dilakukan namun penyakit Marek masih menyerang, maka ada beberapa kemungkinan penyebabnya, antara lain:

  • Kesalahan teknis, yang menyebabkan fungsi vaksin tidak bekerja maksimal. Misalnya kesalahan penyimpanan vaksin (suhu vaksin) dan aplikasi pemberian vaksin (dosis dan target).
  • Kegagalan vaksin dalam merangsang kekebalan (strain virus vaksin tidak protektif).
  • Pembentukan sel kebal terganggu (tingginya antibodi asal induk).
  • Adanya infeksi virus yang lebih ganas pada ayam sebelum vaksin bekerja dalam tubuh ayam

Sehubungan dengan masih adanya kemungkinan kegagalan vaksinasi, maka dapat kita katakan bahwa vaksinasi bukanlah kunci utama untuk mencegah penyakit ini. Pencegahan yang paling utama dan paling efektif adalah dengan menjaga sanitasi kandang dan lingkungan dengan cara memperketat biosekuriti di lokasi peternakan serta menerapkan sistem all in all out.

Selain biosekuriti yang ketat, pencegahan bisa dilakukan dengan pemberian suplemen yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh seperti pemberian mineral selenium karena mineral ini merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan sebagai unsur esensial enzim glutathione peroksidase (GSH-Px).  Enzim ini dapat  mempertahankan kondisi sel tubuh dan melindunginya dari serangan mikro organisme seperti virus sehingga kerusakan sel-sel tubuh dapat dicegah. 

 

Cek! Ini Jurus Jitu Membuat Pestisida Nabati dari Bawang Putih

Halaman: 
Penulis : Riana