logo


Anda dan Pasangan Sedang Menerapkan Program Kehamilan? Awas! Jangan Sampai Kurang Gizi!

Untuk menghasilkan generasi yang cerdas dan kuat, harus mempersiapkan kehamilannya sejak dini! Karena perkembangan organ anak berpengaruh saat 1000 haru pertama. Intinya yaitu gen bukanlah faktor yang utama dalam mempengaruhi pertumbuhan anak...

22 Februari 2018 10:46 WIB

Sumber : Google
Sumber : Google
dibaca 254 x

Untuk menghasilkan generasi yang cerdas dan kuat, harus mempersiapkan kehamilannya sejak dini! Karena perkembangan organ anak berpengaruh saat 1000 haru pertama. Intinya yaitu gen bukanlah faktor yang utama dalam mempengaruhi pertumbuhan anak.

Beberapa Penyakit-penyakit kronis atau penyakit-penyakit penyakit tidak menular berasal dari respons tubuh terhadap kurangnya zat gizi di masa awal kehidupan. Pada 8 minggu pertama kehamilan, calon ibu sering tidak sadar bahwa sedang hamil. Padahal, kekurangan gizi di masa itu tak bisa ditambal di masa mendatang.

Banyaknya kasus calon Ibu yang tidak menyadari bahwa dirinya hamil pad aminggu-minggu pertama.


Antusias Warga Desa Kabunan Timur, Mendapat Fogging Gratis Perindo Pemalang

Hal tersebutlah yang akhirnya membuat sang janin terpakasa maka dari zat gizi yang seadanya.
Faktor itu yang mungkin menyebabkan perkembangan organ tubuh yang tidak sempurna pada calon anak nantinya.

Sang Janin jadi memiliki risiko besar membawa berbagai jenis penyakit yang tidak menular seperti anemia, stunting, diabetes, hipertensi, stroke, jantung, dan gagal ginjal.

Pada kasus stunting terjadinya bersamaan dengan proses terhambatnya pertumbuhan dan perkembangan organ lainnya termasuk otak, jantung, paru-paru dan reproduksi.
Jadi, jika snag anak menderita kekurangan gizi dan menjadi stunting kemungkinan besar juga mengalami hambatan pertumbuhan organ lainnya.

Hambatan yang terjadi bisa saja terjadi pada otak. Jika terjadi pada otak kondisi tersebut baru akan terlihat jika anak memasuki usia sekolah. Sementara hambatan pertumbuhan organ lain baru terlihat efeknya saat dewasa.

Itulah sebabnya mengapa Ibu hamil harus memperhatikan kuantitas makanan yang dimakannya.
Asupan zat gizi mikro penting seperti zat besi, asam folat, iodium, zink, dan kalsium harus terpenuhi.

Jangan lupa juga batasi konsumsi garam untuk menghindari hipertensi. Karena hipertensi juga menjadi penyumbang kematian terbesar ibu melahirkan.

 

Ditulis oleh: Ibnu Pratama

*Tulisan ini adalah 'Suara Kita' kiriman dari pembaca. Jitunews.com tidak bertanggung jawab terhadap isi, foto maupun dampak yang timbul dari tulisan ini. Mulai menulis sekarang.

Rawat Tubuh dari Dalam dengan Minuman Serbuk Beri EDG3

Halaman: 
Admin : Ratna Wilandari