logo


Ratusan Taruna AAL Dibekali Ketahanan Tubuh Lewat Vaksinasi Difteri

Ratusan taruna dan taruni AAL harus dibekali ketahanan tubuh yang kuat

20 Februari 2018 05:45 WIB

Siswa PAPK TNI Beri Vaksin Difteri kepada Taruna Akademi Angkatan Laut di Gedung Maspardi Aal, Surabaya, Jawa Timur, Senin (19/2)
Siswa PAPK TNI Beri Vaksin Difteri kepada Taruna Akademi Angkatan Laut di Gedung Maspardi Aal, Surabaya, Jawa Timur, Senin (19/2) Jitunews/Vicky Anggriawan

SURABAYA, JITUNEWS.COMRatusan taruna dan taruni Akademi Angkatan Laut (AAL) bersama Ikatan Dokter Indonesia (IDI) memberantas kejadian luar bias (KLB) difetri dengan vaksinasi. Vaksinasi difteri ini digelar dalam rangka ketahanan kesehatan nasional.

"Populasi yang padat dan kegiatan di luar rentan terkena difteri. Harus ada tindakan preventif dengan dilakukan vaksin," ucap Sekjen PB IDI, Moh Adib Khumaidi di Gdung Maspardi, Surabaya, pada hari Snein (19/2).

Waka Puskes TNI Laksmana pertama (Laksma) TNI, drg Andriyani SP Ort mengatakan, ratusan taruna dan taruni AAL harus dibekali ketahanan tubuh yang kuat.


Siswa Pa PK TNI Beri Vaksin Difteri kepada Taruna Akademi Angkatan Laut

"Apalagi mereka juga nanti akan ditugaskan ke daerah yang barangkali endemik penyakit difteri. Terutama daerah perbatasan. Dengan divaksin artinya bebas bertugas di manapun," kata Andriyani.

Ada ratusan taruna dan taruni AAL yang mengantre untuk menunggu giliran untuk divaksin difteri. Salah satunya adalah Taruni tingkat III AAL, Kadek Ayu Prabawati yang mengaku sempat merasa takut saat melihat jarum.

"Tadi sempat takut lihat jarum," ungkap Kadek Ayu Prabawati.

"Tadi saya Beranikan diri dan hanya sedikit sakit," ucapnya.

Tidak hanya Kadek Ayu, tapi juga Risma Simangunsong, yang juga merasakan suntik difteri yang sama.

"Tidak sakit tapi takut juga. Hanya mengawalinya yang takut. Daripada kena sakit," kata Risma.

Siswa Pa PK TNI Lakukan Sosialisasi Bahaya Difteri kepada Taruna AAL

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata
 
×
×