logo


WN Tiongkok Ditangkap, Ketua DPR Dorong Kemenkumham Tingkatkan Pengawasan

Bamsoet juga meminya Komisi I DPR untuk mendorong Badan Inteligen Negara (BIN) untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap warga negara asing (WNA) yang datang ke Indonesia

13 Februari 2018 16:14 WIB

Ketua DPR RI, Bambang Soesatyo
Ketua DPR RI, Bambang Soesatyo Jitunews/Khairul Anwar

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Ketua DPR RI, Bambang Soesatyo (Bamsoet), ikut angkat suara menyikapi ditangkapnya warga negara Tiongkok di beberapa wilayah Indonesia oleh Ditjen Imigrasi atas penyalahgunaan visa travel yang bertentangan dengan Undang-Undang No. 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian.

Bamsoet mengatakan bahwa dirinya akan meminta Komisi III DPR untuk mendorong Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) melalui Direktorat Jenderal Imigrasi dan Tim Pengawasan Orang Asing (PORA) untuk meningkatkan pengawasan.

“Pengawasan ini untuk mencegah terjadinya aktivitas ilegal dan pelanggaran hukum keimigrasian,” ujar Bamsoet di Gedung DPR RI, Jakarta, pada hari Selasa (13/2).


Bamsoet Sebut Pasal Penghinaan Sama Seperti UU Pers Bagi Wartawan

Selain itu, Komisi I DPR juga diminta untuk mendorong Badan Inteligen Negara (BIN) untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap warga negara asing (WNA) yang datang ke Indonesia agar sesuai dengan tujuan kedatangan dan tidak bertentangan dengan kebijakan pemerintah tentang bebas visa.

Bamsoet menambahkan bahwa Komisi III DPR RI harus memberikan dukungan kepada Kemenkumham dalam mendeportasi WNA yang bermasalah.

“Kemenkumham melalui Direktorat Jenderal Imigrasi juga saya minta untuk lebih memperketat pemberian izin masuk dan melakukan pengawasan kunjungan warga negara asing agar kejadian penyalahgunaan visa tidak terjadi lagi,” pungkasnya.

UU MD3 Jadi Polemik, Ketua DPR: Yang Tidak Puas Silakan Gugat ke MK

Halaman: 
Penulis : Khairul Anwar, Riana