logo


Saat Jonan Kepincut Mobil Listrik Besutan Ezzy ITS

Jonan merekomendasikan kepada Rektor ITS Surabaya untuk segera memproduksi secara massal kendaraan tersebut agar dapat diperjualbelikan secara komersil.

12 Februari 2018 11:01 WIB

Menteri ESDM Ignasius Jonan menjajal mobil listrik buatan ITS.
Menteri ESDM Ignasius Jonan menjajal mobil listrik buatan ITS. Dok. Kementerian ESDM

SURABAYA, JITUNEWS.COM - Usai memberikan kuliah umum di Gedung Rektorat Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Ignasius Jonan,  menjajal mobil listrik karya mahasiswa ITS Surabaya. 

Jonan pun lantas mengajak Rektor ITS Surabaya, Joni Hermana, berkeliling halaman gedung rektorat dengan mobil besutan Ezzy ITS .

Usai mencoba mobil listrik tersebut, Jonan merekomendasikan kepada Rektor ITS Surabaya untuk segera memproduksi secara massal kendaraan tersebut agar dapat diperjualbelikan secara komersil. 


Pepres Mobil Listrik Tunggu Persetujuan Jokowi

"Saya menganjurkan kepada Pak Rektor segera diproduksi secara massal dan dikomersialkan. Karena kalau tidak dijual, kita tidak tahu apa yang harus diperbaiki atau disempurnakan," kata Jonan di Surabaya, belum lama ini.

Rencananya, mobil listrik Gesits akan di-launching secara komersil bertepatan dengan Hari Kemerdekaan 17 Agustus 2018 mendatang.

Sebelumnya, pada Oktober 2017, tim Gesits pernah berkunjung ke kantor Kementerian ESDM untuk mendapatkan dukungan dan arahan dari Menteri ESDM terkait regulasi Pemerintah dalam upaya perlindungan industri lokal, khususnya pada industri kendaraan bermotor listrik terhadap gencarnya penetrasi impor.

Adapun, mobil Gesits ini dirancang menggunakan tenaga baterai sebesar 20 kWh dengan kemampuan jarak tempuh 130 kilometer (km). Istimewanya, mobil ini bisa melaju dengan kecepatan maksimum 180 km per jam dengan pendistribusian berat yang jauh lebih stabil.

KESDM Gandeng ITS Kembangkan Sektor Energi Hingga Mobil Listrik

Halaman: 
Penulis : Riana