logo


Begini Caranya Jadi Wanita Kekinian

Pengetahuan yang dimiliki wanita harus luas dan terbuka.

8 Februari 2018 16:13 WIB

dibaca 555 x

Banyak tantangan yang harus dihadapi wanita masa kini. Perempuan masa kini, harus menjadi serba bisa. Banyak wanita karier yang juga menjalani multiperan, menjadi istri sekaligus ibu dari anak-anaknya.

Untuk bisa tetap berkarier dan mengerjakan tanggungjawabnya di rumah, Menteri Kesehatan RI, Nila F Moeloek, menuturkan bahwa pengetahuan yang dimiliki wanita harus luas dan terbuka.

Sosok wanita kekinian juga harus mampu menjaga diri dan kesehatannya. Sebab, tak sedikit pekerja perempuan yang memilih mengonsumsi sembarang makanan saat jam istirahat. Jika kesehatan pekerja perempuan terjaga dengan baik, otomatis pekerjaan di luar maupun tanggung jawab di rumah terselesaikan dengan baik.


Ibu Hamil Hati-hati, Asap Rokok Bikin Janin 'Tercekik'

"Seorang perempuan harus berpengetahuan luas. Bagaimana mau menjamin kesehatan anak kalau nggak ngerti makanan pendamping bagi anak? Kita semua tahu, penyebab gizi buruk tak hanya soal makanan, melainkan juga para ibu yang tak paham kebutuhan gizi anak," ujar Nila di Kementerian Kesehatan, beberapa waktu lalu, dikutip Viva pada hari Kamis (8/2).

"Selanjutnya, pekerja perempuan harus bisa kelola rencana kehamilannya. Jadi bisa tetap bekerja sembari merencanakan kehamilan, menghitung  kemampuan rumah tangga, berapa anak yang dibutuhkan. Kalau PNS bergaji 4 juta, misalnya, ya jangan 12 anak. Harus dihitung dengan baik," paparnya.

Begitu juga dalam segi pengelolaan keuangan, harus dimiliki oleh kaum wanita. Menurut Nila, pembiayaan seorang anak sangat mahal jika mau hitung-hitungan. Terakhir, lingkungan kerja yang sehat dan bersih juga diwajibkan untuk mencegah paparan kuman penyakit.

Memiliki lingkungan kerja yang sehat dimulai dari pola makan sehat sangat diperlukan di ruang kerja, karena yang bekerja biasanya perempuan usia produktif. Serta, banyak para ibu yang berkorban untuk anak, membawa pulang ASI hasil pumping untuk diberikan pada anak.

Ditulis oleh: fefo two

*Tulisan ini adalah 'Suara Kita' kiriman dari pembaca. Jitunews.com tidak bertanggung jawab terhadap isi, foto maupun dampak yang timbul dari tulisan ini. Mulai menulis sekarang.

Menteri Sosial Ikut Komentari Video Merry Riana, Kenapa?

Halaman: 
Admin : Uty Saifin Nuha