logo


OSO Harap Pers Bisa Begini untuk Kepentingan Pembangunan Negara

Peran pers sangat penting dalam mengawasi program-program yang didanai dana desa secara profesional, etis, dan obyektif.

8 Februari 2018 11:25 WIB

Ketua DPD RI, Oesman Sapta Odang (OSO)
Ketua DPD RI, Oesman Sapta Odang (OSO) Jitunews/Rezaldy

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Ketua DPD RI, Oesman Sapta Odang mengatakan bahwa peran pers sangat penting dalam mengawasi program-program yang didanai dana desa secara profesional, etis, dan obyektif.

Menurutnya, tugas konstitusional DPD RI sebagaimana diamanatkan undang-undang adalah mengawal dan menyalurkan aspirasi daerah dan melakukan pengawasan atas pelaksanaan pembangunan daerah, termasuk pengawasan dana desa.

"Saat ini, tidak kurang dari Rp 60 trilliun rupiah digulirkan untuk dana desa. Bahkan, jumlah dana desa ini akan terus meningkat di masa-masa mendatang," ujar Oesman didalam siaran pers yang diterima Jitunews.com, Kamis (8/2).


Pecat OSO, Hanura Bakal Gelar Munaslub Minggu Depan

Politisi Hanura ini menjelaskan, kesuksesan pengelolaan dana desa adalah kesuksesan semua pihak, termasuk media. Untuk itu, jangan sampai media justru menjadi bagian dari masalah dalam pengelolaan dana desa, misalnya dengan pemberitaan yang negatif dimaksudkan menekan atau memeras kepala desa.

"Dengan kata lain, bagaimana kita menjadikan media sebagai solusi, bukan sebagai bagian dari masalah. Sebagai pihak yang bebas mengkritik, tentu saja rekan-rekan media juga harus terbuka terhadap kritik," jelasnya.

Oleh karena itu, DPD RI siap melakukan kerja sama dengan Persatuan Wartawan Indonesia. Bahkan bila dimungkinkan kerja sama tripartit antara DPD RI, PWI dan pemerintah.

Dadang Sebut SK Menkumham Kubu OSO Tidak Sah

Halaman: 
Penulis : Khairul Anwar, Vicky Anggriawan