logo


Jangan Pernah Anggap Sepele Batuk Pilek yang Berkepanjangan!

Jika masalah batuk dan pilek yang tidak kunjung sembuh lebih dari 2 minggu, kemungkinan besar bisa terjadi bakteri lain yang berkembang biak dan dapat menimbulkan komplikasi disaluran pernapasan....

8 Februari 2018 10:32 WIB

Sumber : Google
Sumber : Google
dibaca 1437 x

Jika masalah batuk dan pilek yang tidak kunjung sembuh lebih dari 2 minggu, kemungkinan besar bisa terjadi bakteri lain yang berkembang biak dan dapat menimbulkan komplikasi disaluran pernapasan.
Salah satu komplikasi berbahaya dari batuk pilek yang berkepanjangan adalah pneumonia yang dikenal masyarakat dengan sebutan paru-paru basah.

Selain itu komplikasi lain yang dapat muncul dari yang ringan hingga yang berat seperti bronkhitis, amandel bengkak, sinusitis, infeksi telinga, bahkan bisa terjadi infeksi selaput otak (meningitis).Kondisi batuk pilek ringan biasanya hanya berlangsung 3 hingga 7 hari. Namun kadang juga bisa berlangsung hingga 2 minggu.

Kondisi batuk pilek yang patut Anda waspadai adalah jika kondisinya tidak kunjung sembuh lebih dari 2 minggu.


Ibu Hamil Hati-hati, Asap Rokok Bikin Janin 'Tercekik'

Orang awam biasanya membiarkan penyakit batuk pilek ini karena merasa akan bisa sembuh dengan sendirinya, padahal kondisi tersebut dapat mengakibatkan pneumonia.
Banyak juga yang beranggapan bahwa pneumonia atau paru-paru basah ini disebabkan oleh aktivitas yang dikerjakan malam hari, entah mandi malam hari, olahraga malam, naik motor, padahal sebenarnya tidak seperti itu.

Padahal jika batuk pilek pengobatannya tidka tuntas bisa saja penyakit ini muncul karena infeksi pada tubuh berlanjut baik karena bakteri atau virus.
Selain pneumonia, batuk pilek yang berkepanjangan juga dapat menimbulkan kondisi infeksi tuberkulosis. Tuberkulosis adalah penyakit yang disebabkan oleh kuman tuberkulosis.

Ditulis oleh: Ibnu Pratama

*Tulisan ini adalah 'Suara Kita' kiriman dari pembaca. Jitunews.com tidak bertanggung jawab terhadap isi, foto maupun dampak yang timbul dari tulisan ini. Mulai menulis sekarang.

Untuk Antisipasi, 5 Alat Kesehatan Ini Wajib Ada di Rumah

Halaman: 
Admin : Ratna Wilandari