logo


Ibu Hamil Hati-hati, Asap Rokok Bikin Janin 'Tercekik'

Ibu hamil harus berhati-hati dan menjauhi paparan asap rokok di lingkungan sekitar

7 Februari 2018 19:24 WIB

Internet
Internet
dibaca 533 x

Ibu hamil harus berhati-hati dan menjauhi paparan asap rokok di lingkungan sekitar. Karena berisiko membuat janin kekurangan oksigen dalam kandungan dan jadi akan mengalami seperti 'tercekik'.

Ahli Gizi Komunitas dr Tan Shot Yen menjelaskan, ada sekira 4.000 racun dari rokok yang bisa menjadi paparan pada ibu yang sedang hamil. Racun-racun tersebut bisa memengaruhi janin dalam kandungan tentunya.

"Enggak cuma nikotin dan tar, zat beracun seperti karbon monoksida (CO) yang dihasilkan ketika proses merokok juga membahayakan kesehatan janin," ungkap dr Tan seperti dikutip dari Infowanita.id pada hari Rabu (7/2).


Kenali Gejala-Gejala Depresi

Sel darah merah atau hemoglobin lebih mudah mengikat CO. Nah, ketika hemoglobin sudah terikat dengan CO, bisa sulit mendapatkan oksigen dengan bebas.

"Hati-hati loh, anak bisa 'tercekik' di dalam kandungan karena kurang oksigen. Bayangkan kalau yang beredar adalah hemoglobin yang sudah terikat dengan CO, akibatnya anak berat badan lahirnya rendah, bisa-bisa cacat juga," terangnya.

Ditambah lagi, menurut dia, janin dalam kandungan sudah terpapar rokok, ketika lahir pun demikian. Risikonya bisa membuat anak mengalami gangguan hormon, bahkan leukimia.

"Anak atau bayi juga bisa kena leukimia, bukan paru. Bisa juga gangguan hormon reproduksi, tumbuh kembang otak tidak baik. Lebih parah, anak meniru kebiasaan merokok dari bapaknya sejak kecil," pangkasnya.

Ditulis oleh: De

*Tulisan ini adalah 'Suara Kita' kiriman dari pembaca. Jitunews.com tidak bertanggung jawab terhadap isi, foto maupun dampak yang timbul dari tulisan ini. Mulai menulis sekarang.

Manfaat Jagung untuk kesehatan Tubuh

Halaman: 
Admin : Aurora Denata