logo


Soal #KartuKuningJokowi di UI, Fahri: Itu Ekspresi Mahasiswa

Presiden Jokowi diacungi 'kartu kuning' oleh Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Indonesia (BEM UI) 2018, Zaadit Taqwa, saat menghadiri Dies Natalis ke-68 UI. BEM UI menyatakan aksi itu merupakan bentuk peringatan.

2 Februari 2018 15:30 WIB

Mahasiswa UI yang mengacungkan kartu kuning ke Jokowi diamankan paspampres.
Mahasiswa UI yang mengacungkan kartu kuning ke Jokowi diamankan paspampres. Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Wakil Ketua DPR RI, Fahri Hamzah, tidak mempersoalkan adanya aksi #KartuKuningJokowi saat Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan ke Universitas Indonesia (UI) untuk menyampaikan pidato pada acara Dies Natalis ke-68 UI.

Menurut Fahri, tindakan Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) UI 2018 bernama Zaadit Taqwa adalah wujud dari ekspresi mahasiswa.

“BEM-nya itu katanya mengangkat kartu kuning di ruangan pertemun itu. Terus dia dibawa keluar oleh Paspampres. Saya bilang itu ekspresi mahasiswa,” ujar Fahri di Gedung DPR RI, Jakarta, pada hari Jumat (2/2).


Soal Pasal Penghinaan Presiden, Fahri: Manusia Bukan Simbol Negara, Jangan Menyakralkan Diri

Dikatakan Fahri, Jokowi seharusnya memberikan ruang kepada mahasiswa untuk menyampaikan kritiknya. Dalam hal ini, presiden harus terbuka dan tidak boleh membawa feodalisme dan kekuasaan ke dalam kampus.

“Dia (presiden) harus terbuka. Kita tidak boleh membawa feodalisme dan kekuasaan ke dalam kampus. Di situ tempat kita berpikir, tempat orang menyatakan pendapatnya secara bebas. Itu yang saya sangat sesalkan,” pungkasnya.‎

Seperti diwartakan sebelumnya, Presiden Jokowi diacungi 'kartu kuning' oleh Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Indonesia (BEM UI) 2018, Zaadit Taqwa, saat menghadiri Dies Natalis ke-68 UI. BEM UI menyatakan aksi itu merupakan bentuk peringatan.

Kepala Kajian dan Aksi Strategi BEM UI, Alfian Tegar Prakasa, mengatakan, BEM UI menggelar aksi #KartuKuningJokowi terkait kedatangan Jokowi ke UI. Aksi digelar sejak pagi di Stasiun UI dan di dalam Balairung UI.

"Masa Pak Jokowi Masuk ke Kampus Saya di UI Bawa Tentara dan Polisi, Itu Memalukan!"

Halaman: 
Penulis : Khairul Anwar, Riana