logo


Sirop Obat Batuk, Tak Harus Beli di Apotek

Obat batuk berjenis sirop sudah ada sejak lebih dari seribu tahun yang lalu.

31 Januari 2018 10:25 WIB

dibaca 1539 x

Batuk merupakan refleks tubuh yang tidak disengaja guna membuang sesuatu yang menyumbat atau ada dalam saluran pernapasan.

Oleh karena itu, beragam jenis obat batuk beredar di pasaran, seperti obat bersifat suppressants yang dikonsumsi saat mengalami batuk kering dan ekspektoran yang bekerja dengan mengencerkan dahak.

Selain sifatnya, obat batuk bisa digolongkan berdasarkan bentuknya. Salah satu jenis yang populer yaitu sirup. Dilansir step to health, obat batuk berjenis sirop sudah ada sejak lebih dari seribu tahun yang lalu.


Tinggalkan Obat Batuk Kimia, Racik Jahe Saja!

Kini, untuk mendapatkan sirop obat batuk, Anda tidak perlu membelinya ke apotek. Anda dapat memanfaatkan tanaman di sekitar dan membuatnya sendiri.

  1. Kayu Putih, bawang merah, dan lemon

Jangan bayangkan bagaimana rasa dari ramuan tiga bahan ini. Pasalnya, ramuan tersebut dapat menjadi sirup obat batuk yang sangat ampuh.

Kandungan antiseptik, dekongestan, dan ekspektoran pada kayu putih dapat memberikan kelegaan pada sistem pernafasan.

Selain itu, bawang merah berperan sebagai antibakteri dan antiradang, dan lemon dapat menghilangkan infeksi.

Untuk menikmatinya, Anda harus merebus bawang merah dan kayu putih dalam air, dan tambahkan perasan lemon sebelum mengonsumsinya. Anda dapat meminumnya tiga sendok makan per hari apabila batuk masih menyerang.

  1. Biji Rami

Meski berukuran kecil, biji rami memiliki manfaat yang baik bagi tubuh. Ekstrak biji ini dipercaya dapat meredakan batuk kering. Biji Rami dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dan membersihkan saluran pernapasan.

Anda dapat menikmati ekstrak biji rami dengan perasan lemon dan madu. Namun, berbeda dengan ramuan sebelumnya, Anda hanya dianjurkan menikmatinya satu sendok makan per hari.

Selain itu, sirop ini tidak dianjurkan bagi anak di bawah 5 tahun.

  1. Campuran Ramuan Herbal

Sirup ini dianjurkan bagi mereka yang memiliki tanaman dan rempah-rempah di rumah. Tanaman dan rempah terdiri dari kamomil, cengkeh, adas hijau, lemon dan madu sebagai pemanis.

Aneka bahan herbal ini dipercaya dapat mengobati batuk kering dan membersihkan saluran pernapasan. Selain meminumnya, Anda dianjurkan untuk menghirup uapnya. Hal ini dilakukan guna membuka jalur pernapasan.

Ditulis oleh: Toty Toty

*Tulisan ini adalah 'Suara Kita' kiriman dari pembaca. Jitunews.com tidak bertanggung jawab terhadap isi, foto maupun dampak yang timbul dari tulisan ini. Mulai menulis sekarang.

Khasiat Temulawak Tak Hanya Penambah Nafsu Makan

Halaman: 
Admin : Uty Saifin Nuha