logo


6 Fakta Penting Black Box

Ketika lokasi sudah ditemukan, KNKT akan mencari kotak hitam di bagian ekor pesawat

6 Januari 2015 03:14 WIB

menemukan black box air asia
menemukan black box air asia

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Saat ini Basarnas tengah berpacu menemukan kotak hitam (black box) sekaligus mengevakuasi korban AirAsia QZ 8501 di perairan dekat Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah.

Segala diupaya  dikerahkan untuk melakukan pencarian korban. Investigator keselamatan udara dari Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) Toos Sanitiyoso menerangkan, KNKT nanti yang bertugas mengangkat black box tersebut.

"Badan SAR Nasional bertugas mencari lokasi tubuh pesawat. Ketika lokasi sudah ditemukan, KNKT akan mencari kotak hitam di bagian ekor pesawat," katanya.


Pesawat Dilarang Terbang 24 April - 1 Juni, Politikus Demokrat: Pemerintah Memahami Situasi

Berikut ini adalah fakta black box (kotak hitam) yang disimpan di ekor pesawat:

1) Yang sering disebut "black box" sebenarnya terdiri dari dua alat perekam, yaitu perekam data penerbangan (flight data recorder) dan perekam suara di cockpit (cockpit voice recorder). Karena ada dua alat perekam, sering juga disebut "black boxes".

2) Black box sebenarnya berupa tabung berwarna oranye kemerahan, agar mudah kelihatan dari jauh dan bisa ditemukan dengan cepat. Black box modern hanya sebesar kotak sepatu.

3) Tabung black box mampu menahan bantingan dari ketinggian, kedap air sampai kedalaman 6.000 meter dan tahan panas sampai suhu diatas 1.000 derajat Celcius selama sedikitnya 30 menit. Jadi, tabung black box pesawat tidak mudah rusak.

4) Biasanya black box ditempatkan di badan pesawat pada bagian yang tidak mudah rusak dan terlindung dengan baik. Ini tergantung dari konstruksi pesawat. Biasanya di bagian tengah atau bagian belakang dekat roda pesawat.

5) Alat perekam memiliki sistem sinyal darurat berupa sinyal "ping" yang bisa digunakan untuk mendeteksi lokasinya. Jika tenggelam di air, sinyal segera dikirim secara otomatis sampai 30 hari, tergantung pada kapasitas baterai.

6) Untuk mendeteksi posisi black box di bawah air, tim pencari bisa menggunakan mikrofon bawah air atau detektor sonar.

Dalam beberapa kasus kecelakaan pesawat, black box baru ditemukan beberapa bulan atau bahkan beberapa tahun kemudian.

Anak Amien Rais Ribut di Pesawat Gegara HP, PAN Beri Klarifikasi: Itu Dalam Keadaan Kosong

Halaman: 
Penulis : Ali Hamid