logo


Otto Hasibuan Sebut Advokat Hakikatnya Menghalangi Penyidikan

Otto menjelaskan, wajar jika pengacara melakukan berbagai cara agar kliennya mendapatkan perlakuan hukum yang adil

18 Januari 2018 19:31 WIB

Otto Hasibuan.
Otto Hasibuan. Jitunews/Johdan A.A.P

JAKARTA, JITUNEWS.COMKetua Dewan Pembina Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi), Otto Hasibuan, mengatakan ada masalah baru yang dapat mengancam profesi para advokat. Hal tersebut berkaitan dengan kasus yang menimpa Fredrich Yunadi yang saat ini ditetapkan sebagai tersangka atas dugaan merintangi penyidikan KPK. 

Otto menyebut dugaan tersebut dapat dijadikan pintu masuk penegak hukum lain untuk memperkarakan advokat yang mendampingi kliennya. Ia mengatakan KPK dapat memahami secara jernih istilah 'menghalangi penyidikan'.

"Karena sebenarnya advokat itu by nature dilahirkan dari sistem hukum kita itu pada hakikatnya menghalangi penyidikan. Tapi menghalangi penyidikan dalam arti positif," kata Otto saat konferensi pers di Kantor Peradi, pada hari Kamis (18/1).


Jawab Tudingan Kuasa Hukum Fredrich, KPK: Alat Bukti Sesuai UU

Menurutnya, Pasal 21 UU Tipikor yang menjerat Fredrich tidak sejalan dengan profesi advokat saat bertugas. Otto menjelaskan, wajar jika pengacara melakukan berbagai cara agar kliennya mendapatkan perlakuan hukum yang adil. Seperti melakukan jalur praperadilan atau pembelaan hukum lainnya. 

"Di mana (pengacara) tugasnya sehari-hari memang pasti akan membuat penyidik itu terhalang. Dalam arti yang positif. Yang negatif tentunya menghalang-halangi supaya penyidik tidak bisa melaksanakan tugasnya," ujar Otto.

Seolah Bernasib Sama, Peradi Mengaku Paham Kenapa Polri Berbenturan dengan KPK

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata