logo


Kerusuhan di Lapas, DPR: Ada Keterlibatan Sipir Ikut Rekayasa

Komisi III DPR RI meninjau Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas II A Banda Aceh di kawasan Lambaro Aceh Besar

11 Januari 2018 19:10 WIB

Ilustrasi penjara
Ilustrasi penjara google

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Komisi III DPR RI meninjau Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas II A Banda Aceh di kawasan Lambaro Aceh Besar. Peninjauan ini untuk mendapatkan keterangan dari pihak terkait pasca kerusuhan yang terjadi Kamis (4/1) yang lalu. 

Anggota Komisi III, Bambang Heri Purnama mengatakan kunjungan Ke Lapas Banda Aceh ingin mengetahui penyebab kerusuhan. Dimana kejadian seperti ini sudah terjadi tiga kali di tempat yang sama, yaitu pada tahun 2012, 2015, dan tahun 2018. 

"Kerusuhan ini terkait dengan pemindahan Napi Banda Narkoba, dan saya mau mendalami masalahnya ada keterlibatan sipir yang ikut merekayasa," ujar Bambang di Jakarta, pada hari Kamis (11/1). 


Langkah Anies Cabut Larangan Berkendara Motor Sudah Tepat

Dalam hal ini, Bambang mengaku ingin mengetahui penyebab penghuni Lapas keberatan dengan pemindahan tiga Napi, dikhawatirkan telah terjadi pemerataan peredaran narkoba di dalam lapas dengan pemindahan ketiga orang itu. 

“Dalam hal ini Komisi III DPR RI juga akan mengadakan pertemuan khusus dengan Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) dan Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Hukum dan Ham Provinsi Aceh,” pungkasnya.

Soal Pergub Larangan Motor, DPR: Putusan MA Sudah Dapat Diberlakukan Tanpa Dicabut

Halaman: 
Penulis : Khairul Anwar, Aurora Denata