logo


Melihat Sisi Lain Negeri K-Pop Lewat Buku Fotografi 'South'

Buku ini merupakan catatan visual abadi yang menjadi pengingat keelokan dan eksotisme tanah gemerlap K-Pop, yang tidak hanya terpatri di layar kaca ataupun panggung-panggung hiburan

10 Januari 2018 10:02 WIB

ist

JAKARTA, JITUNEWS.COM – Pewarta foto Kantor Berita Antara, Muhammad Adimaja, menuangkan pengalamannya saat berkunjung ke Korea Selatan (Korsel) melalui medium visual dalam buku foto perdananya berjudul "South".

Dalam buku yang berisi 80 foto ini, pria yang karib disapa Adicumi itu mengekspresikan semua rasa dan pengalamannya saat berkunjung ke Seoul dan Panmunjom, kawasan perbatasan Korea Selatan dan Korea Utara yang terpecah karena ideologi itu.

Pria kelahiran 14 Agustus 1984 ini pun mengatakan bahwa dirinya bersyukur bisa menjadi saksi ketegangan raut muka para muda mudi yang hilir mudik di daerah protokol kota Seoul, yang hanya selemparan batu dengan Korea Utara itu. 


Solo Photo Festival 2017, Unggulkan Jiwa Kepahlawanan Lewat Fotografi

Pewarta Foto Antara Muhammad Adimaja (kanan) bersama Pengajar dari Panna Photo Institute Edy Purnomo (kiri) berfoto bersama usai gelaran Diskusi dan Peluncuran Buku Foto "South" di Gueari Galeri, Pasar Santa, Jakarta, Sabtu (6/1) malam. Buku foto karya Muhammad Adimaja tersebut merupakan cacatan visual tentang perjalanannya saat mengunjungi Korea Selatan. Foto: Rifki Riyanto

"Buku ini merupakan catatan visual abadi yang menjadi pengingat keelokan dan eksotisme tanah gemerlap K-Pop, yang tidak hanya terpatri di layar kaca ataupun panggung-panggung hiburan," tutur Adicumi, saat ditemui di acara peluncuran buku "South" di Gueari Galeri, Pasar Santa, Jakarta Selatan, Sabtu (6/1) lalu.

Lebih lanjut, Adicumi pun mengatakan bahwa kesempatan dirinya berkunjung ke Negeri Gingseng saat itu tak ingin dilewatkannya begitu saja. Terlebih, ia bisa mengunjungi DMZ alias zona demiliterisasi, baginya, hal itu meninggalkan kesan mendalam di hati.

"Itu merupakan momentum bagi saya untuk mengintip drama berkepanjangan perdamaian dari balik kawat berduri sisi selatan wilayah Semenanjung Korea. Yang mana, di tempat itu banyak pesan perdamaian yang disampaikan orang-orang dari penjuru dunia," tandasnya.

 

Deretan Bintang Kpop yang Pernah Ditemui Kahiyang Ayu

Halaman: 
Penulis : Riana