logo


Tahun Ini, ESDM Akan Lelang 22 Blok Migas

Keberadaan lelang ini diharapkan bisa meningkatkan produksi migas nasional

5 Januari 2018 13:29 WIB

Sekretaris Jenderal Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Ego Syahrial
Sekretaris Jenderal Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Ego Syahrial jitunews/khairul anwar

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Jenderal Migas Kementerian ESDM, Ego Syahrial, mengatakan, instansinya akan‎ melelang lebih dari 22 wilayah kerja atau blok minyak dan gas bumi (migas) pada 2018.

Menurutnya, keberadaan lelang ini diharapkan bisa meningkatkan produksi migas nasional.

"Ini sedang dalam proses penyaringan. Kira-kira berapa yang akan dipilih," beber Ego, di Kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Kamis (4/1).


Dirjen Migas Kementerian ESDM Undur Proses Lelang 15 Blok Migas

Ego melanjutkan, saat ini ada 22 blok migas yang memiliki‎ potensi untuk dilelang pada 2018. Blok tersebut terdiri dari blok migas yang tidak diminati atas lelang-lelang yang dilakukan sebelumnya. Kemudian blok migas yang masa kontraknya habis dan blok migas yang belum sempat‎ dilelang.

"Selama periode beberapa tahun terakhir kan banyak yang terminasi, gagal memenuhi firm commitment dan banyak yang tidak penuhi periode 6 tahun," ungkap dia.

Sedangkan blok migas yang tertunda pelelangnya pada tahun lalu ada ‎11. Ini terdiri dari 8 blok konvensional dan 3 blok non-konvensional. Ego mengungkapkan, setelah blok tersebut sudah ada pemenang lelangnya, menggunakan skema bagi hasil migas gross split.

"Nah, arahan pak menteri sesuai dengan perkembangan gross split ini, kita mau dilelang ulang dan akan dijadi satukan," pungkas Ego.

Ekspansi Luar Negeri, Pertamina Dipercaya Kelola Blok Migas Sonatrach di Algeria

Halaman: 
Penulis : Riana