logo


Obat Alami untuk Nyeri Datang Bulan

Nyeri saat datang bulan memang menyebalkan. Bila Anda seorang wanita karir dengan aktivitas padat, pastilah ingin melakukan segala cara agar tak mengalami rasa sakit yang datang sebulan sekali itu...

4 Januari 2018 17:47 WIB

Ilustrasi - internet
Ilustrasi - internet
dibaca 523 x

Nyeri saat datang bulan memang menyebalkan. Bila Anda seorang wanita karir dengan aktivitas padat, pastilah ingin melakukan segala cara agar tak mengalami rasa sakit yang datang sebulan sekali itu.

Penyebab nyeri datang bulan atau bahasa ilmiahnya dismenore, bisa bermacam-macam. Mulai dari stres, tubuh sedang tidak fit, sampai terlalu gemuk atau kurus.

Dikutip dari laman Standard.co.uk, 90 persen wanita di dunia pasti mengalaminya, namun kebanyakan mereka enggan untuk mengandalkan obat penghilang rasa sakit.


Pria Juga Alami Menopause

Perlu diingat, bahwa nyeri yang berlebihan bisa menjadi tanda dari masalah seperti endometriosis atau infeksi rahim. Konsultasikan dengan dokter Anda jika merasa sakit luar biasa bahkan sampai muntah, perdarahan yang berlebihan atau demam.

Bila rasa sakit terjadi pada umumnya, seperti kram, kembung, sampai ketidakstabilan suasana hati, ada beberapa pengobatan alami yang bisa menyembuhkan Anda:

1. Sayuran hijau
Kalsium dan magnesium yang terkandung dalam sayuran membantu mengendurkan otot-otot hingga mengurangi kram dan rasa kembung. Bila Anda melakukan diet dengan sayuran semisal bayam dan kangkung, tentu tak jadi masalah untuk menerapkannya.

2. Anti Makanan Cepat Saji
Makanan cepat saji cenderung lebih asin atau bahkan terlalu manis, dan hal itu bisa memperburuk rasa kembung Anda. Sementara gula serta lemak jenuh dalam makanan cepat saji bakalan meningkatkan kadar estrogen, yang memicu gejala PMS.

Jika Anda harus memenuhi kebutuhan karbohidrat, pilihlah makanan yang kaya serat untuk meningkatkan pencernaan.

3. Pepaya
Buah khas negara tropis ini bisa dinikmati saat sarapan atau sekedar cemilan di siang hari. Pepaya kaya akan karoten dan vitamin A, C, serta enzim papain yang membantu melancarkan aliran selama menstruasi.

4. Kayu Manis
Kayu Manis atau cinnamon merupakan sumber mangan, dan akan membantu Anda mengurangi kram serta melancarkan pencernaan.

5. Sinar matahari
Bagi wanita karir, tentu sulit untuk mengatur waktu kapan bisa berjemur di bawah matahari pagi. Vitamin D3 dari sinar matahari bagus untuk mengurangi kram agar tak semakin parah.

Sempatkanlah waktu berjemur di pagi hari, atau pilihan terakhir adalah mengkonsumsi suplemen yang mengandung vitamin D.

6. Air putih
Inilah obat mujarab yang paling mudah didapat saat mengalami nyeri menstruasi. Hindari minum minuman beralkohol selama beberapa hari agar tak memperparah kram. Usahakan minumlah air hangat untuk meningkatkan aliran darah ke kulit serta membantu merileksasikan otot.

Ditulis oleh: Andre

*Tulisan ini adalah 'Suara Kita' kiriman dari pembaca. Jitunews.com tidak bertanggung jawab terhadap isi, foto maupun dampak yang timbul dari tulisan ini. Mulai menulis sekarang.

Tingkatkan Kekebalan Tubuh dengan Pemanfaatan Metode Healing di Tengah Pandemi

Halaman: 
Admin : Satria Budi