logo


Hati-hati, Soda Bisa Sebabkan Kanker Empedu

Jika Anda suka mengonsumsi minuman bersoda, lebih baik segera hentikan kebiasaan ini

4 Januari 2018 09:19 WIB

Minuman bersoda
Minuman bersoda
dibaca 267 x

Jika Anda suka mengonsumsi minuman bersoda, lebih baik segera hentikan kebiasaan ini. Karena bisa berdampak pada tingginya risiko kanker.

Penelitian terbaru dari Swedia menunjukkan orang yang terlalu banyak konsumsi minuman soda dapat melipatgandakan saluran biner kanker. Selama 13 tahun, para peneliti memantau makanan dan minuman yang dikonsumsi masyarakat Swedia yang mencakup 70 ribu peserta.

Mereka yang mengonsumsi minuman soda berlebih memiliki risiko 79 persen terkena kanker kantung empedu. Ditemukan sebanyak 150 orang terdiagnosa kanker empedu. Setelah diteliti, penderita kanker tersebut memang punya kebiasaan konsumsi minuman soda.


Kentut Itu Sehat, Nggak Percaya? Cek Manfaatnya di Sini!

Kandungan pemanis buatan atau aspartam yang menyebabkan kanker empedu, namun juga bisa memicu penyakit gula darah dan obesitas.

Dari laporan Reuters, orang-orang yang minum dua kaleng atau lebih dalam sehari juga punya kebiasaan buruk dengan tidak memerhatikan asupan bergizi untuk dikonsumsi sehari-hari. Risiko inilah yang memungkinkan seseorang terkena kanker empedu jadi lebih tinggi.

Peneliti juga menguji hal lain dengan memeriksa seseorang yang punya berat badan berlebih dan berat badan normal. Ternyata keduanya memiliki risiko kanker empedu yang sama.

Ditulis oleh: De

*Tulisan ini adalah 'Suara Kita' kiriman dari pembaca. Jitunews.com tidak bertanggung jawab terhadap isi, foto maupun dampak yang timbul dari tulisan ini. Mulai menulis sekarang.

Bangun Tidur Langsung Cek HP, Ini Bahayanya

Halaman: 
Admin : Aurora Denata