logo


Masalah Kesehatan yang Timbul Akibat Obesitas

Obesitas masih menjadi masalah utama yang dihadapi masyarakat hampir di seluruh negara. Orang yang mengidap obesitas cenderung menderita penyakit-penyakit tertentu...

3 Januari 2018 17:02 WIB

Sumber: Medical Daily
Sumber: Medical Daily
dibaca 1898 x

Obesitas masih menjadi masalah utama yang dihadapi masyarakat hampir di seluruh negara. Orang yang mengidap obesitas cenderung menderita penyakit-penyakit tertentu.

Sehingga, para ahli medis sering mengingatkan untuk tetap mempertahankan berat badan yang ideal. Dilansir dari Times of India, ada beberapa penyakit yang bisa diderita oleh orang yang mengalami obesitas.

1. Hipertensi
Sepertiga dari semua kasus tekanan darah tinggi berhubungan dengan obesitas. Biasanya ini menyerang orang dewasa yang obesitas. Dan perlu Anda ketahui, orang gemuk 50 persen lebih mungkin mempunyai kadar kolesterol darah tinggi.


Limah Hal yang Paling Diingat Anak dari Orangtuanya

2. Diabetes tipe 2
Pengidap diabetes hampir 90 persen itu menderita diabetes tipe 2. Para peneliti memperkirakan bahwa 88 sampai 97 persen dari diabetes tipe 2 didiagnosis pada orang yang memiliki berat badan berlebih.

3. Penyakit jantung
Obesitas juga meningkatkan risiko gagal jantung kongestif. Kondisi yang berpotensi fatal sebab membuat otot jantung melemah dan kehilangan kemampuan untuk memompa darah.

4. Stroke
Ada hubungan kuat antara obesitas dan stroke, terutama di kalangan orang-orang yang gemuk terletak terutama di daerah perut. Orang yang kelebihan berat badan lebih cenderung memiliki kadar kolesterol darah tinggi dan tekanan darah tinggi, tetapi asosiasi ini bukan satu-satunya penjelasan untuk tingkat stroke yang lebih besar.

5. Osteoarthritis
Obesitas dapat menjadi faktor utama dalam pengembangan osteoarthritis pada wanita, terutama pada bagian lutut.

6. Kanker
Selain itu, kegemukan juga memicu berkembangnya beberapa jenis kanker seperti endometrium, payudara, prostat, dan kanker usus besar.

7. Gangguan psikologis
Orang gemuk berada pada risiko yang lebih tinggi untuk masalah psikologis. Umumnya, Anda akan menderita maslaah depresi, gangguan makan, citra tubuh yang menyimpang, dan rendah diri.

Ditulis oleh: Andre

*Tulisan ini adalah 'Suara Kita' kiriman dari pembaca. Jitunews.com tidak bertanggung jawab terhadap isi, foto maupun dampak yang timbul dari tulisan ini. Mulai menulis sekarang.

Manfaat Konsumsi Kedelai Selama Menopause

Halaman: 
Admin : Satria Budi