logo


Fitur Pengingat Password pada Browser Rentan Pencurian Data

Fitur pengingat password yang ada pada browser memang sangat membantu pengguna apabila hendak login kehalaman sebuah website. Namun fitur tersebut tidak sepenuhnya aman dari pencurian data...

3 Januari 2018 14:12 WIB

Ilustrasi - internet
Ilustrasi - internet
dibaca 342 x

Fitur pengingat password yang ada pada browser memang sangat membantu pengguna apabila hendak login kehalaman sebuah website. Namun fitur tersebut tidak sepenuhnya aman dari pencurian data.

Dilansir dari The Verge, sebuah penelitian di Princeton Center bidang Kebijakan Informasi dan Teknologi menemukan bahwa beberapa browser memiliki celah pada fitur built-in login atau password manager yang bisa disusupi ektensi yang membuat aktivitas internet penggunanya terpantau.

Pada setiap browser tersedia ekstensi untuk fitur password manager. Ditemukan bahwa beberapa ekstensi tersebut rupanya memiliki kaitan dengan layanan peyedia iklan. Mereka bisa membaca aktivitas di internet dan menjejali Anda dengan iklan-iklan.


Begini Tampilan Dari Samsung lagaxy S9 dan S9+

Setiap kali Anda memilih menyimpan password atau auto login untuk setiap website, maka penyedia iklan yang memasukkan ekstensi berbahaya ke browser internet Anda. Mereka bisa langsung memantau aktivitas di website tersebut dan mempelajari kebiasaan Anda.

Sejauh ini, penelitian yang dilakukan hanya menemukan ekstensi hanya memantau kebiasaan aktivitas Anda di internet. Namun, bukan tidak mungkin ke depannya ekstensi tersebut bisa mencuri data-data penting Anda lewat internet.

Oleh sebabt itu, akan lebih baik anda tidak menggunakan fitur tersebut demi keamanan data yang anda miliki. Dengan mengisi sendiri pada saat hendak login, akan meminimalisir kemungkinan data anda bisa dicuri oleh orang lain.

Ditulis oleh: Andre

*Tulisan ini adalah 'Suara Kita' kiriman dari pembaca. Jitunews.com tidak bertanggung jawab terhadap isi, foto maupun dampak yang timbul dari tulisan ini. Mulai menulis sekarang.

Bocoran Spesifikasi Nokia 6 Edisi 2018

Halaman: 
Admin : Satria Budi