•  

logo


Ini Rahasia dari Orang yang Selalu Sehat

Pernah melihat rekan kerja yang jarang sakit? Ada beberapa orang yang sepertinya selalu sehat, jika pun jatuh sakit hanya pilek. Tentu saja orang-orang seperti ini membuat iri...

2 Januari 2018 17:26 WIB

Ilustrasi - internet
Ilustrasi - internet
dibaca 1067 x

Pernah melihat rekan kerja yang jarang sakit? Ada beberapa orang yang sepertinya selalu sehat, jika pun jatuh sakit hanya pilek. Tentu saja orang-orang seperti ini membuat iri. Sebenarnya mengapa mereka bisa memiliki tubuh terus sehat? Jangan-jangan mereka memiliki sistem kekebalan tubuh yang berlebih?

Ternyata, orang-orang ini memiliki kebiasaan sehat yang sederhana dalam hidupnya. Berikut enam rahasia orang terus sehat seperti dikutip laman Good Housekeeping.

1. Tidur cukup dan teratur
Penelitian menunjukkan mereka yang tidur sekitar 7-8 jam per malam cenderung kurang terkena sakit demam dibandingkan yang tidur kurang dari tujuh jam. Hal ini disebabkan saat tidur di malam hari tubuh melakukan perbaikan dan mengatur hormon yang dapat membuat tubuh tidak mudah terkena infeksi.


Kebiasaan Hidup Terlalu Bersih Juga Berbahaya untuk Kesehatan

2. Konsumsi aneka makanan
Mengonsumsi makanan bervariasi membuat tubuh lebih sehat. Salah satunya dengan mengonsumsi makanan kaya antioksidan seperti ubi jalar, jeruk, almon, dan anggur mampu memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak sekaligus memerangi kuman dan bakteri.

3. Konsumsi bakteri baik untuk usus
Menjaga kesehatan usus dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh seperti minuman yang mengandung bakteri baik seperti prebiotik. Yogurt salah satu pilihannya.

4. Rajin cuci tangan
Tak perlu gila kebersihan dengan puluhan kali mencuci tangan. Tapi bila Anda rutin mencuci tangan sebelum dan sesudah makan atau sehabis dari toilet, bisa mengurangi penyakit antara 15-50 persen.

5. Kumpul bersama teman
Meski sibuk dengan seabrek pekerjaan maupun keluarga, sesekali sempatkan waktu juga untuk berkumpul bersama teman. Menurut penelitian dari Jurnal Psychological Science kumpul bersama teman-teman saat berhadapan dengan masalah kerja maupun rumah tangga baik untuk emosi.
Dukungan sosial mampu meredakan stres. Ketika stres berkurang risiko terkena virus yang sebabkan sakit pun turut menurun.

6. Yoga
Sebuah studi ungkap yoga lembut ditambah latihan bernapas mampu memperkuat fungsi kekebalan tubuh setelah dua jam pascalatihan.

Ditulis oleh: Andre

*Tulisan ini adalah 'Suara Kita' kiriman dari pembaca. Jitunews.com tidak bertanggung jawab terhadap isi, foto maupun dampak yang timbul dari tulisan ini. Mulai menulis sekarang.

Redakan Sakit Tenggorokan dengan Makanan Ini

Halaman: 
Admin : Satria Budi