logo


3 Penyakit Ini Bisa Tertular Lewat Ciuman, Hati-Hati!

Ciuman yang dilakukan atas dasar cinta dapat meningkatkan semangat sekaligus meningkatkan produksi hormon kebahagiaan dalam tubuh.

30 Desember 2017 04:06 WIB

Ilustrasi.
Ilustrasi. Shutterstock

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Berciuman adalah aktivitas yang didorong oleh perasaan sayang, cinta dan saling menghormati dalam kehidupan asmara. Ciuman yang dilakukan atas dasar cinta dapat meningkatkan semangat sekaligus meningkatkan produksi hormon kebahagiaan dalam tubuh.

Namun, perlu diingat pula bahwa aktivitas berciuman sebenarnya rentan dengan beberapa jenis penyakit berikut ini. Setidaknya, ada 3 jenis penyakit yang rentan tertular lewat ciuman.

1. GINGIVITIS


Aneka Jenis Ciuman Beserta Maknanya

Gingivitis merupakan peradangan yang menyerang gusi. Bakteri penyebab penyakit ini bisa ditularkan melalui ciuman. Jika terkena, hal ini akan berpotensi menyebabkan gusi merah meradang khas yang menandakan gingivitis. Cara terbaik untuk melindungi kamu dari penyakit ini adalah dengan melakukan perawatan kesehatan mulut yang benar dan teratur.

Penyebab utama dari gingivitis adalah kebersihan oral yang buruk. Kebiasaan kebersihan oral yang baik, seperti menyikat gigi setidaknya 2 kali sehari, membersihkan dengan benang gigi setiap hari dan melakukan pemeriksaan gigi rutin, dapat membantu mencegah gingivitis.

2. MONONUKLEOSIS

Mononukleosis atau demam kelenjar adalah sebuah infeksi yang terjadi karena tersebarnya virus Epstein-Barr (EBV) dalam tubuh melalui air liur.

Penyebaran utama virus ini adalah melalui air liur, sehingga beberapa aktivitas seperti berciuman, berbagi sikat gigi, berbagi peralatan makan atau minum dengan orang lain tanpa dicuci terlebih dahulu, serta batuk atau bersin akan dapat meningkatkan risiko terjangkit penyakit ini. 

3.MENINGITIS

Meningitis adalah infeksi pada meninges (selaput pelindung) yang menyelimuti otak dan saraf tulang belakang. Ketika meradang, meninges membengkak karena infeksi yang terjadi. 

Meningitis paling sering disebabkan oleh virus. Penyebab lain termasuk bakteri, jamur, parasit, bahan kimia, obat-obatan, dan tumor.

Jika penyebab infeksi adalah bakteri, bakteri tersebut termasuk: Neisseria meningitidis, Haemophilus influenzae, Streptococcus pneumoniac, Listeria monocytogenes, Escherichia coli, Klebsiella sp., Streptococcus grup B. Bakteri menyebar melalui pernapasan dan sekresi tenggorokan (batuk, berciuman). Melindungi diri dengan melakukan kebersihan yang baik penting dilakukan.

Awas! Duduk Terlalu Lama Bisa Mengganggu Kesehatan

Halaman: 
Penulis : Marselinus Gunas