logo


WHO: Kecanduan Game Bisa Jadi Gangguan Mental

Bermain game selama belasan jam dianggap sebagai masalah kesehatan mental World Health Organization (WHO) baru saja menambahkan gangguan gaming ke dalam draf beta ke dalam ICD

27 Desember 2017 13:10 WIB

Sumber: internet
Sumber: internet
dibaca 660 x

Bermain game selama bealsan jam dianggap sebagai masalah kesehatan mental World Health Organization (WHO) baru saja menambahkan gangguan gaming ke dalam draf beta ke dalam ICD (International Classification of Diseases) mereka, dilansir dari Forbes.

Menurut draf tersebut, bermain game tidak hanya menjadi sebuah hobi ketika seseorang tak bisa mengendalikan berapa sering dia bermain. Sebagian orang tidak bisa berhenti bermain bahkan setelah berjam-jam.

Bagi orang-orang yang memiliki gangguan, bermain game juga akan terasa lebih intensif dan bisa menghancurkan kehidupan mereka karena mengganggu aktivitas sehari-hari.


Akhir Desember 2017, WhatsApp Tutup Layanan Terhadap Blackberry

Menurut laporan Newsweek, meskipun penderita gangguan ini mengetahui akibat buruk dari gangguan ini, mereka tetap tidak bisa berhenti bermain.

"Pola tingkah laku penderita cukup parah, sehingga menyebabkan gangguan dalam kehidupan penderita, baik dalam kehidupan pribadi, keluarga, sosial, edukasi, pekerjaan dan bagian kehidupan yang lain," tulis WHO.

"Pola kebiasaan bermain bisa terus menerus atau sesekali tapi terus berulang," lanjutnya.

Penderita baru bisa didiagnosis menderita gangguan jika kebiasaan bermain game mereka berlangsung selama setidaknya satu tahun. Namun, dalam kasus yang parah, durasi tersebut bisa menjadi lebih pendek. Gangguan ini berlaku baik untuk orang yang kecanduan bermain game online atau offline.

ICD biasanya digunakan oleh pelaku industri kesehatan di dunia dan juga menjadi standar internasional terkait gangguan dan penyakit kesehatan. Edisi ke-11 akan dirilis pada 2018 dan akan menyertakan gangguan baru ini.

Ditulis oleh: De

*Tulisan ini adalah 'Suara Kita' kiriman dari pembaca. Jitunews.com tidak bertanggung jawab terhadap isi, foto maupun dampak yang timbul dari tulisan ini. Mulai menulis sekarang.

Tidak Lama Lagi Xiaomi Mi A1 Akan Kebagian Android Oreo

Halaman: 
Admin : Aurora Denata