logo


Dampak yang Terjadi pada Tubuh Jika Kurang Minum Air

Dehidrasi merupakan gangguan dalam keseimbangan asupan cairan atau air pada tubuh. Kurangnya asupan air punya dampak negatif pada kesehatan Anda...

20 Desember 2017 18:46 WIB

Ilustrasi - internet
Ilustrasi - internet
dibaca 547 x

Dehidrasi merupakan gangguan dalam keseimbangan asupan cairan atau air pada tubuh. Kurangnya asupan air punya dampak negatif pada kesehatan Anda. Sebab, sekitar 66 persen tubuh Anda terdiri dari air.

Tidak minum cukup air membuat darah lebih kental dan risiko penyakit meningkat. Dilansir dari Boldsky, berikut dampak yang terjadi pada tubuh jika kurang minum air.

1. Penuaan dini
Kurangnya asupan air akan terlihat pada wajah Anda. Keriput akan muncul lebih cepat. Termasuk kerutan pada wajah.


Manfaat Apabila Anda Berhenti Minum Minuman Dingin

2. Makan berlebihan
Ketika tubuh dehidrasi, otak akan memberi sinyal lapar. Padahal, sebenarnya tubuh belum membutuhkan makanan. Kurangnya kadar air akan membuat proses metabolime tubuh melambat. Artinya, lemak akan tertimbun di dalam tubuh Anda.

3. Kulit kering
Kulit yang tidak terhidrasi dengan sempurna akan mengurangi kemampuan mengeluarkan keringat. Proses peluruhan racun dari tubuh pun akan terhambat.

4. Nyeri sendi
Vertebra dan tulang rawan dari tubuh kita terdiri dari 80 persen air. Jika Anda ingin mengurangi rasa sakit dan kesemutan pada tulang, maka solusinya adalah perbanyak minum air.

5. Mata kering
Kurangnya air dalam tubuh diwujudkan dengan kekeringan di mata yang membuat mata menjadi merah. Bila Anda memakai lensa kontak, asupan air harus lebih dari cukup.

6. Mulut kering
Tanda paling umum dari dehidrasi adalah ketika terasa kekeringan pada mulut, lidah, dan rongga mulut.

7. Mudah lelah
Lelah adalah pertanda dari dehidrasi. Jaringan dan sel dalam tubuh tidak mendapatkan cukup air sehingga membuat seseorang mudah lesu dan lemas, serta sakit kepala.

Ditulis oleh: Andre

*Tulisan ini adalah 'Suara Kita' kiriman dari pembaca. Jitunews.com tidak bertanggung jawab terhadap isi, foto maupun dampak yang timbul dari tulisan ini. Mulai menulis sekarang.

5 Langkah Memperkecil Pori-pori Wajah

Halaman: 
Admin : Satria Budi