logo


Menjawab Fitnah Soal Pertamax dan Pertalite yang Dituding Sama

Pengecekan di lab kualitas (RON) untuk Pertamax dan Pertalite sesuai dengan spesifikasi dan sudah sesuai standar.

20 Desember 2017 11:45 WIB

Pengisian BBM di SPBU.
Pengisian BBM di SPBU. Dok. Jitunews

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Belum lama ini, sebuah video dari seorang warganet dengan nama akun Facebook Panji Ariwibowo menjadi viral di dunia maya setelah yang bersangkutan melancarkan protes terhadap produk Pertamax dan Pertalite yang dibelinya di sebuah SPBU di kawasan Cisauk, Tangerang pada tanggal 14 Agustus 2017 lalu.

Menurutnya, kedua bahan bakar tersebut terlihat memiliki warna yang sama. Saat itu ia membeli Pertamax seharga Rp 300.000 dan Pertalite Rp 200.000 menggunakan jerigen. Merasa janggal dengan apa yang dilihatnya, ia kemudian meminta petugas untuk mengisikan Pertamax dan Pertalite dari nozzle yang sama ke dalam dua buah botol kaca agar terlihat persamaannya.

Pertamina Marketing Operation Region III (MOR III) dalam hal ini telah memastikan bahwa kualitas Pertamax dan Pertalite tersebut sudah sesuai spek. Berdasarkan uji lab, hasilnya sudah on spek dengan RON Pertalite 90.2 dan Pertamax 92.


Performa Terbaik Pelumas Pertamina Arungi Jalur Sumatera

Pertamax sendiri berwarna kebiruan sedangkan Pertalite berwarna cenderung kehijauan. Tujuan utama pewarnaan bahan bakar ini adalah untuk membedakan jenis bahan bakar satu dengan yang lainnya. Pewarna sering disebut juga dyes.

Sandiaga Bantah Punya Mobil B 1 UNO, Polisi Beberkan Identitas Pemilik Sebenarnya

Hal ini dilakukan untuk mencegah penyalahgunaan seperti pengoplosan, penipuan, dan lainnya. Pada kasus di atas, kedua bahan bakar terlihat mirip tapi warnanya masih berbeda.

Sebut Anies-Sandi Sosok Pemberi Harapan Palsu, Ruhut: Sekarang Sudah Kejadian, Semua Pusing Kan?

Pertamina MOR III juga menyatakan bahwa pengecekan di lab kualitas (RON) untuk Pertamax dan Pertalite sudah sesuai dengan spesifikasi dan sesuai standar. 

Pertamina Pastikan Satu Harga di Lembaga Penyalur BBM

Halaman: 
Penulis : Nugrahenny Putri Untari