logo


Jangan Konsumsi Ini Selama Masa Menyusui

Ada beberapa jenis makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi oleh ibu menyusui. Hal tersebut dikarenakan bisa mempengaruhi kondisi si bayi...

15 Desember 2017 19:08 WIB

Ibu menyusui
Ibu menyusui
dibaca 7104 x

Ada beberapa jenis makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi oleh ibu menyusui. Hal tersebut dikarenakan bisa mempengaruhi kondisi si bayi.

1. Mengandung kafein

Semua yang mengandung kafein sebaiknya dihindari selama masa menyusui. Minuman seperti kopi dan teh pun perlu dibatasi. Kandungan kafein dalam teh dan kopi yang Anda minum bisa menyebabkan bayi yang mendapat asupan ASI jadi susah tidur dan rewel.


Ternyata Pembungkus Makanan Ini Sangat Berbahaya untuk Kesehatan Lho!

2. Buah yang mengandung asam tinggi

Jeruk, lemon, nanas, kiwi, mangga muda, dan jenis buah-buahan asam lebih baik dibatasi konsumsinya. Karena biasanya rasa asam ini dapat memberikan pengaruh pada perut bayi.

Seperti dikutip dari allwomanstalk.com, bayi bisa mengalami muntah-muntah bila minum ASI dari ibu yang kebanyakan mengonsumsi buah-buahan yang asam.

Dilansir dari momjunction.com, kandungan asam pada buah bisa menyebabkan meningkatkan asam lambung pada ibu juga bayi yang disusui, serta menyebabkan bayi rewel dan rentan terkena penyakit kulit.

3. Jenis kacang-kacangan

Sejumlah jenis kacang-kacangan, seperti kacang tanah dapat memicu gatal kulit dan ruam kemerahan pada kulit bayi. Terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung kacang-kacangan kurang disarankan pada ibu menyusui.

Hati-hati juga dengan jenis sayuran yang bisa memicu gas, seperti kembang kol, kubis, dan brokoli. Karena bisa membuat perut bayi kembung.

4. Makanan yang terlalu pedas

Selama menyusui lebih baik membatasi makanan yang pedas. Karena makanan pedas yang dikonsumsi ibu bisa mempengaruhi kualitas ASI dan bisa membuat bayi jadi lebih rewel, gampang menangis, dan susah ditenangkan karena ia merasa tidak nyaman.

Ditulis oleh: De

*Tulisan ini adalah 'Suara Kita' kiriman dari pembaca. Jitunews.com tidak bertanggung jawab terhadap isi, foto maupun dampak yang timbul dari tulisan ini. Mulai menulis sekarang.

Tips Agar Tak Boros Belanja Jelang Akhir Tahun

Halaman: 
Admin : Aurora Denata