logo


Anies Baswedan Lempar 'Bola Panas' ke Djarot Terkait Permasalahan Ini

Kenaikan dana bantuan Parpol jadi polemik, Anies Baswedan angkat suara.

12 Desember 2017 00:07 WIB

Anies Baswedan.
Anies Baswedan. pks-jakarta.or.id

JAKARTA, JITUNEWS.COMGubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, angkat bicara perihal kenaikan dana bantuan kepada partai politik yang dianggarkan dalam APBD DKI Jakarta tahun 2018.

"Beberapa waktu ini dana bantuan parpol agak banyak dan Kemendagri sempat merespon. Maka muncul banyak berita dana parpol naik sepuluh kali lipat. Arahan yang kami berikan kepada tim Pemprov DAKI Jakarta, samakan dana bantuan partai seperti sebelumnya. Kemudian mereka melaksanakan arahan itu," kata Anies di Balai Kota DKI Jakarta pada hari Senin (11/12).

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu menjelaskan mengapa hal tersebut bisa terjadi.


Anies-Sandi Tak Akan Lagi Unggah Video Rapat di YouTube, Alasannya Mengejutkan!

Menurutnya besaran kenaikan dana bantuan untuk parpol bermula dari anggaran perubahan tahun 2017 ketika Djarot Saiful Hidayat sedang menjabat.

Banyak Pohon Tumbang, Sandi Salahkan Komunitas Ini..

Anies bercerita, saat mulai bertugas, ia sempat memberikan arahan agar APBD 2018 untuk dana bantuan parpol disamakan dengan sebelumnya.

Kisruh Via Vallen dengan Juru Riasnya Semakin Ramai, Ini Komentar Ayu Ting-ting

"Lalu mereka laksanakan arahan itu. Nah ketika mereka laksanakan itu, kemudian terima kasih kepada masyarakat yang melihat. Kok naik 10 kali lipat? Jadi ketika saya ditanya, saya mau cek dulu. Karena arahannya sama dengan yang sebelumnya," ujarnya.

Jokowi Kaget Survei Menyatakan Indonesia Peringkat Tertinggi

"Saya cek dulu, karena arahannya sama kan. Rupanya kenaikan 10 kali lipat terjadi pada tanggal 2 Oktober 2017. Saat penetapan APBD Perubahan, angka bantuan belanja bantuan parpol dari Rp1,8 miliar meningkat menjadi Rp17,7 miliar. Perdanya keluar tanggal 13 Oktober 2017. Itu adalah hari terakhir pemerintahan sebelum kami bertugas," tambahnya.

WASPADA! Teh Ini Ampuh Bikin Istri 'Minta' Terus

Oleh karena itu, jika Kemendagri menanyakan hal tersebut, maka Anies akan menjawab pada dasarnya menyamakan dengan APBDP 2017 yang diteken oleh gubernur sebelumnya.

Sandiaga Uno: Kita Pasti Dibanding-bandingkan dengan Pemimpin Sebelumnya

Halaman: 
Penulis : Ratna Wilandari
 
×
×